10 Ide Besar Bisnis Online

Posted on

ide peluang bisnis online

Ide Bisnis Online – Sekarang ini pengguna internet terus meningkat bersamaan dengan perkembangan bisnis yang mengalami kenaikan cukup pesat, terutama pertumbuhan bisnis online. Banyak bisnis yang dulunya hanya dilakukan secara konvensional (offline) sekarang sudah dibarengi dengan jalur online.

Sebuah bisnis offline yang kemudian dipasarkan secara online tidak lain bertujuan untuk meningkatkan penjualan ataupun untuk membuat brand lebih terkenal. Bahkan bisnis yang dijalankan secara online akan memiliki target market yang tidak terbatas karena bisa menjual produk nya kemana saja baik lokal maupun internasional, dan memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Yang lebih istimewa lagi, peluang bisnis online saat ini terbuka sangat lebar dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin berbisnis. Apakah Anda sudah siap atau ingin memulai bisnis online? Berikut adalah 10 ide bisnis online untuk menginspirasi Anda.

Ide Bisnis Online Inspiratif

1. Konsultan SEO

Apakah Anda tahu seluk-beluk mesin pencari dan memiliki keahlian dalam platform seperti Google Analytics? Banyak perusahaan kecil tidak menyadari berapa banyak optimasi dampak mesin pencari (SEO) dapat meningkatkan bisnis mereka. Anda dapat memulai bisnis online untuk membantu perusahaan lain membuat situs mereka lebih ramah SEO dengan mengajarkan pemilik usaha bagaimana membaca dan menggunakan data analisis mereka dengan cara yang benar, dan bagaimana menggunakan kata kunci dan konten struktur yang benar untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

2. Pembina Bisnis

Jika Anda memiliki banyak pengetahuan bisnis dan pengalaman, mengapa tidak memulai bisnis yang membantu orang lain calon pengusaha untuk menemukan kesuksesan? Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk membantu pemilik bisnis baru kembali ke awal yang baik dan membantu pengusaha memenuhi keinginannya. Anda juga dapat menulis artikel tentang bisnis pada platform seperti LinkedIn, untuk memamerkan pengetahuan dan keterampilan dan mendapatkan klien.

3. Spesialis Reseller

Sebuah toko online memungkinkan Anda menjangkau pelanggan di seluruh dunia dan itu berarti Anda mampu untuk mengkhususkan diri sebagai penjual (reseller). Apakah itu furnitur rumah, boneka atau makanan hewan organik, semua tentu ada peminatnya. Menggunakan layanan web hosting dengan keranjang belanja terintegrasi atau e-commerce sofware, bisnis Anda akan beroperasi dalam waktu singkat. Banyak vendor bahkan akan mengirimkan produk ke pelanggan atas nama Anda, yang berarti Anda tidak perlu memiliki banyak persediaan.

4. Konsultan Sosial Media

Perusahaan besar dapat menyewa agen atau anggota staf penuh waktu untuk menjalankan akun Facebook dan Twitter mereka, tetapi usaha kecil sering harus menangani sendiri pemasaran media sosial mereka. Dengan begitu banyak tanggung jawab lain, pemilik bisnis sering terlalu sibuk atau kewalahan untuk menghabiskan waktu mengembangkan dan menerapkan strategi hebat media sosial. Sebagai konsultan, Anda dapat membantu mereka menentukan taktik terbaik, posting jadwal dan konten untuk audiens target mereka.

5. Perancang Web

Apakah anda pernah melihat website bisnis yang kelihatan tata letaknya tidak menarik? Jika Anda mengetahui atau paham mengenai HTML dan memiliki kemampuan yang baik tentang desain web (web design), Anda dapat meluncurkan layanan untuk membuat website yang menarik dan mudah digunakan untuk usaha kecil. Anda dapat menempatkan keterampilan Anda dengan baik untuk pemilik bisnis yang ingin meningkatkan layanan online mereka ke tingkat berikutnya. Membangun portofolio kerja dengan pekerjaan freelance kecil-kecilan, kemudian membuat website Anda sendiri untuk dipamerkan dan menarik klien.

6. Freelancer Profesional

Anda mungkin tidak memikirkan sebagai pebisnis lepas, tetapi dengan semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem paruh waktu atau pekerja kontrak, ini akan jadi peluang untuk mengisi kesenjangan keterampilan Anda dengan mengikuti bisnis melalui berbagai layanan freelance . Tergantung pada keahlian Anda, Anda bisa bekerja untuk beberapa perusahaan di berbagai bidang. Menurut daftar situs Freelancer.com banyak freelance pekerjaan yang ditawarkan seperti, layanan teknologi, pembuatan konten dan desain web adalah bidang populer untuk kontrak pekerjaan.

7. Afiliasi Pemasaran

Jika Anda adalah orang yang suka membuat ulasan pelanggan di situs seperti Amazon, berhenti melakukan hal itu secara gratis. Kalimat iklan masih menjadi generator besar bagi banyak perusahaan, dan banyak perusahaan yang bersedia untuk berbagi sebagian dari keuntungan mereka dengan individu persuasif yang akan mempromosikan produk mereka kepada publik. Jika Anda memiliki website pribadi dengan banyak pengikut, ini mungkin lebih mudah untuk Anda menjadi afiliasi pemasaran mereka sehingga Anda akan mendapat keuntungan melalui passive income.

8. Penulis eBook

Apakah Anda memiliki banyak pengetahuan tentang topik tertentu dan ingin berbagi dengan publik? Sekarang ini banyak e-readers di sebagian besar rumah tangga, self-publikasi telah menjadi kenyataan bagi banyak penulis yang mungkin tidak pernah dijemput oleh perusahaan penerbitan. Dengan alat pemasaran yang tepat, Anda dapat berhasil mempublikasikan dan menjual buku-buku Anda sendiri dengan topik apa pun seperti memasak, penurunan berat badan atauk real estate.

9. Pengajar Kursus Online

Anda tidak perlu gelar dalam pendidikan untuk mengajar orang bagaimana melakukan sesuatu yang Anda ketahui. Anda dapat membantu orang lain memperkaya hidup mereka dengan menawarkan kelas di daerah Anda sukai, seperti yoga atau baking. Buat paket instruksional dan video untuk di-download dari situs web.

10. Pengembang Aplikasi

Aplikasi mobile sekarang sedang populer, dan banyak orang bersedia membayar (membelinya) untuk dipasang di smartphone mereka. Jika Anda memiliki ide bagus dan kebetulan tahu coding, Anda dapat menjalankan dengan itu dan membuat aplikasi Anda sendiri. Jika Anda hanya punya ide dan tidak tahu seluk-beluk bagaimana mengubahnya menjadi kenyataan, ada banyak pengembang perangkat lunak yang ingin berkolaborasi dengan orang pada penciptaan aplikasi.

Itulah beberapa ide peluang bisnis online yang mungkin bisa dijadikan insipirasi atau rujukan bagi Anda yang ingin memulai bisnis online. Semoga bermanfaat.

One thought on “10 Ide Besar Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *