3 Langkah Bangun Rumah Sejuk Tanpa AC

Posted on

Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, cuaca panas tampaknya memang sulit dihindari. Apalagi jika di musim kemarau yang panasnya bisa mencapai hingga puluhan derajat Celsius di beberapa kota di Indonesia. Hal ini tentunya membuat suasana dan aktivitas menjadi kurang nyaman bagi sebagian orang. Karena, ada banyak orang yang tidak senang dengan suhu udara yang panas. Gerah.

Hal ini termasuk di rumah. banyak rumah yang akhirnya memiliki suhu udara di atas rata-rata karena memang terletak di lokasi beriklim panas. Lihat saja contohnya rumah dijual di Surabaya, Semarang, Jakarta, Makassar, dan kota pesisir Indonesia lainnya yang umumnya berada di dataran rendah sehingga memiliki iklim panas.

Kebanyakan dari rumah tersebut akan menggunakan alat bantu penyejuk ruangan seperti kipas angin atau AC. Padahal, kedua alat tersebut bisa dibilang berharga tidak murah, karena membutuhkan listrik untuk mengoperasikannya.

Desain rumah jaman dahulu, sudah banyak menyesuaikan dengan iklim yang ada di Indonesia. Sehingga sebenarnya, rumah pun bisa dibuat sejuk tanpa alat bantu penyejuk ruangan. Ada beberapa cara yang bisa ditiru dari rumah jaman dahulu agar rumah tetap terjaga suhu ruangannya.

rumah sejuk tanpa ac

Berikut adalah tips menjadikan rumah sejuk tanpa AC.

Atap Lebar dan Pohon Rindang

Membuat atap lebih lebar dari ukuran normal dapat dilakukan agar sinar matahari tidak langsung menyinari atau masuk ke dalam rumah. Selain itu, Anda juga dapat menanam pohon rindang, agar sinar matahari terhalang oleh dedaunan.

Ventilasi Silang

Sirkulasi udara juga sama pentingnya dengan sinar matahari. Sebisa mungkin udara di dalam rumah dapat masuk dan juga keluar dengan baik. Salah satunya adalah membuat ventilasi silang i ruangan rumah Anda. dengan begitu, udara akan dapat lancar berganti dan keluar masuk dengan baik dan menambah sejuk rumah.

Jalur Matahari

Jalur terbit dan tenggelam matahari adalah dari timur ke barat, maka dari itu, ketika Anda membangun rumah, sebaiknya memikirkan posisi hadap rumah. Sebaiknya, rumah menghadap utara atau selatan. Ini untuk meminimalisasi poin sinar matahari masuk ke dalam rumah. Apalagi, sinar matahari sore. Hal ini karena paparan sinar matahari sore langsung dapat membuat rumah gerah pada malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *