3 Penyebab Blog Jarang Update

Posted on

Blog jarang update bisa berdampak jelek pada popularitas blog itu sendiri, salah satunya pada alexa rank. Berdasarkan pengalaman dawaihati selama ini, ada 3 penyebab utama sehingga blog jarang update yaitu :

Penyebab Blog Jarang Update

1. Kehabisan ide untuk menulis

Ide untuk menulis memang kadang-kadang bisa muncul begitu saja dengan sendirinya, tapi tak jarang ide itu hilang entah kemana ditelan kekeringan. Kalau sudah begini, sebagai solusinya sahabat bisa membaca artikel Cara mengatasi Kehabisan Ide menulis konten di blog dan social media.

2. Banyaknya kegiatan di luar blogging

Selain blogging, tentunya kita mempunyai banyak kegiatan terutama di dunia nyata. Entah itu berupa urusan kantor, sekolah, organisasi, atau rumah tangga yang banyak menyita waktu, tenaga dan pikiran, sehingga menyebabkan terbengkalainya aktivitas blogging. Untuk mengatasinya kita harus pintar membagi waktu dengan cara membuat jadwal yang tersusun dan terprogram, sehingga semua kegiatan akan tetap eksis dan berjalan dengan baik.

3. Datangnya rasa bosan

Rasa bosan yang menerpa pada aktivitas blogging salah satunya disebabkan oleh kekecewaan atas prestasi blog yang tak kunjung meningkat. Seperti misalnya visitor blog yang masih sedikit atau tidak ada sama sekali, tak pernah menang dalam berbagai kontes blog, dan lain sebagainya.

Kebosanan yang menyerang tak jarang mengakibatkan frustasi, sehingga kadangkala melahirkan tindakan untuk meninggalkan dunia blogging atau bahkan mendelete blog. Jika karena bosan dan frustasi lalu sahabat yakin akan menghapus blog, dawaihati menyarankan agar membaca terlebih dahulu ARTIKEL INI sebelum semua itu dilakukan.

Tapi jika sekedar untuk menanggulangi rasa bosan, menurut hemat dawaihati sebaiknya sahabat rehat dulu untuk beberapa waktu atau mengalihkan aktivitas blogging kepada aktivitas online yang lain, seperti berinteraksi dengan sesama blogger baik di facebook, twitter atau jejaring sosial dan forum-forum. Bisa juga dengan melakukan blogwalking untuk membaca artikel-artikel berkualitas di berbagai blog, seperti yang terdapat di BLOG INI. Insya Alloh pada akhirnya semangat untuk mengarungi dunia blogging akan tumbuh kembali.

Mungkin hanya itu saja penyebab blog jarang update dan solusinya yang bisa dawaihati sampaikan, semoga bermanfaat. Dan jika sahabat mempunyai pendapat yang lain, boleh disampaikan pada kotak komentar di bawah.

25 thoughts on “3 Penyebab Blog Jarang Update

  1. ini perkara biasa bagi setiap blogger. tapi kita boleh rawat perkara ini.
    pertama, jadikan blog sebagai pandangan.. seperti kita tengok cerita, pasti ada moral value cerita itu.
    kedua, keluar ke mana memang faktor tidak update blog.
    ketiga, tak menang tu biasa lah. he he..

  2. yang sering saya alami malah karena banyaknya kegiatan saya diluar jadinya tidak sempat untuk mengelola web dan blog saya apalagi menulis konten

  3. kalo saya sih karena Tugas Akhir, jadi aja rada terbengkalai blogna. hehe

    bosen juga sih, ini juga lagi nyari2 ide sambil jalan-jalan kesini. hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *