5 Brand Compressor AC yang Sering Dipakai untuk AC

Posted on

Brand Compressor AC Terbaik

Air Conditioner (AC) memerlukan kompresor untuk mengubah freon fase gas menjadi fase cair. Kompresor di Indonesia sudah banyak yang beredar baik brand maupun jenis dan tipenya. Kompresor merupakan alat untuk menaikan tekanan fluida yang dapat ditekan / dimampatkan (freon, gas, udara), dalam suatu siklus pendingin. Alat tersebut secara umum berfungsi untuk menaikkan besaran tekan freon dan memampatkan freon sehingga freon tersebut berubah dari fase gas menjadi fase cair.

Tipe Compressor Berdasarkan Sistem Kerjanya

Ada beberapa tipe kompresor berdasarkan cara / sistem kerjanya yang dipakai dalam proses pendingin ruangan dan refrigerasi yaitu :

1. Kompresor AC Rotary
Kompresor jenis ini menggunakan sistem kerjanya yaitu memutar. Hal tersebut untuk memaksa fluida bergerak dan akan dimampatkan pada sisi lainnya. Tipe ini digunakan untuk kompresor kecil.

2. Kompresor AC Torak / Piston/ Reciprocating
Kompresor tipe ini menggunakan sistem kerjanya dengan cara maju mundur atau sistem torak.

3. Kompresor AC Scroll
Seringkali tipe kompresor ini disebut juga dengan kompresor spiral. Prinsip alat ini yaitu menggunakan 2 spiral dengan 1 spiral bisa bergerak dan 1 spiral lainnya tidak bergerak, sehingga hal tersebut akan menciptakan tekanan diantaranya. Alat ini digunakan untuk memompa refrigerant.

4. Kompresor AC Sentrifugal
Kompresor tipe ini menggunakan gaya sentrifugal dalam memampatkan fluida.

Brand Compressor AC

Setelah mengetahui tipe kompresor AC diatas, maka dibawah ini merupakan brand kompresor AC yang sering digunakan untuk AC. Setiap brand memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pilihlah kompresor AC yang tepat untuk kebutuhan.

1. Bitzer Compressor
Kompresor Bitzer memiliki ciri unik yang khas yaitu warna hijau pada badan kompresor. Bitzer memiliki tipe kompresor piston, scroll, screw, semi hermetic. Bitzer compressor Indonesia sudah menjadi kompresor yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia.

2. Bristol Compressor
Kompresor Bristol di Indonesia paling banyak digunakan pada aplikasi suhu tinggi (high term), AC dan chiller dengan kapasitas 9.000 btu/h – 287.400 btu/h.

3. Danfoss Compressor
Kompresor Danfoss ini mempunyai ciri yang khas yaitu memiliki warna biru mengkilat pada badan kompresornya. Sertifikasi ISO 14001 pun sudah dikantongi Danfoss.

4. Copeland Compressor
Kompresor AC Copeland sudah mempunyai kualitas dan reputasi yang sangat baik. Saat ini, konsumen di Indonesia sudah banyak yang menggunakan Copeland compressor terutama tipe scroll yang memiliki harga yang murah dan efisiensi yang baik.

5. Panasonic Compressor
Kompresor AC Panasonic di Indonesia merupakan kompresor yang banyak digunakan untuk menggantikan kompresor yang rusak. Hal ini terjadi karena brand Panasonic sudah melekat dengan masyarakat Indonesia.

Itulah beberapa brand compressor AC yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan kompresor Anda. Pilihlah yang tepat agar AC Anda dapat berfungsi dengan baik.

Penulis : Fadli Firmansyah (Twitter: @fadfir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *