5 Hal Penting untuk Memasang Atap

Posted on

Ketika membangun rumah, tentunya salah satu hal yang menjadi perhatian tinggi adalah membangun sebuah atap. Atap sendiri memiliki desain yang beragam. Coba saja lihat beberapa rumah dijual di Jakarta Selatan, atau kota lainnya yang memiliki banyak varian atap.

Biasanya model atap ada yang berbentuk atap pelana, atap datar, atap limasan, hingga atap sandar yang merupakan atap yang cocok untuk rumah minimalis. Pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan segala keinginan dan juga kebutuhan dari penghuni rumah.

memasang atap rumah

Selain pemilihan model, pemilihan bentuk, warna, dan juga bahan atap dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Yang pasti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin memasang atap apapun model dan jenis atapnya.

Berikut adalah 5 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memasang atap.

Sesuaikan dengan Cuaca

Alasan utama memasang atap adalah untuk membuat rumah bertahan dalam terjangan iklim dan juga cuaca. Maka dari itu, saat akan emamsang atap, pastikan atap yang dipasang sesuai dan mampu menahan terjangan iklim di lokasi rumah Anda berada. Misalnya, jika daerah rumah anda kerap diterjang angin kencang, maka atap seng tidaklah cocok untuk dipasang. Sementara untuk rumah yang kerap diterpa badai, atap beton tentunya dapat dijadikan pilihan karena kuat dan tahan lama.

Pemasangan yang Benar

Pemasangan atap biasanya disesuaikan dengan bahan dari atap. Biasanya, pemasangan juga disesuaikan dari bahan yang mudah ataupun sulit untuk dipasang. Biasanya, hal ini berhubungan dengan kebutuhan Anda dalam memasang atap. Pemasangan juga dapat dilakukan oleh tukang yang sudah ahli dalam memasang atap.

Ketebalan Atap

Semakin tebal bahan atap yang dipasang, biasanya akan semakin awet juga untuk digunakan. Walau begitu, jangan ragukan beberapa bahan yang lebih tipis namun memiliki ketahanan serupa. Jangan lupa sesuaikan ketebalan ini dengan konsep desain rumah agar rumah tetap menarik.

Kerangka

Kerangka juga perlu menjadi perhatian mengingat nantinya menentukan bentuk dan kekuatan atap adalah kerangkanya. Kerangka yang dipasang haruslah yang kuat, tahan lama dan juga awet walau diterpa panas dan hujan.

Harga

Tentunya yang terakhir harus diperhatikan adalah masalah harga. Harga atap yang Anda pasang haruslah sesuai dengan harga yang ada di pasaran. Jika Anda memilih bahan yang berkualitas tinggi, pastikan bahwa barang tersebut benar-benar memiliki kualitas yang terbaik. Utamanya, sesuaikanlah kebutuhan pemasangan atap dengan kondisi finansial Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *