5 Tips Aman Booking Hotel Online

Posted on

booking hotel online

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, segala hal bisa dengan mudah dilakukan, termasuk pesan hotel melalui komputer ataupun gadget anda. Booking Hotel, yang dahulunya cukup menyita waktu kita untuk hanya sekedar mencari hotel dan mengetahui ketersediaan kamar, kini telah berevolusi menjadi hal yang bisa diselesaikan hanya dengan gerakan jari.

Namun, dengan banyaknya Online Travel Agency yang ada sekarang, tidak menjamin hal tersebut 100% aman. Bukan berarti pihak ketiga tersebut melakukan hal yang tidak professional atau semacamnya, tapi terkadang suatu sistem pemesanan bisa terjadi error sewaktu-waktu.

Lalu bagaimana cara booking hotel online yang aman?

Agar kemudahan booking hotel online dapat anda rasakan secara maksimal, ada beberapa tips yang bisa menjadi acuan anda sebelum memesan kamar hotel via online:

1. Tentukan Situs Booking Hotel yang Terpercaya
Saat ini ada banyak sekali situs booking hotel online di internet. Sebaiknya anda tentukan situs mana yang menurut anda paling anda sukai dan sesuai gaya anda agar terhindar dari penipuan atau scamming. Dari situ, anda mulai bisa mengecek latar belakang situs tersebut dan jangan lupa bookmark situs tersebut di browser anda. Kalau saya pribadi lebih suka pesan hotel di Mister Aladin yang sudah terjamin hehe.

2. Baca Seksama Aturan Pemesanan
Yang terpenting dari pemesanan hotel secara online adalah Cara Pemesanan di situs tersebut. Mungkin setiap situs booking hotel memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, jadi sebaiknya anda pahami dulu bagaimana kebijakan situs tersebut. Hal ini juga berguna agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca dengan seksama apakah kartu kredit anda hanya untuk konfirmasi pemesanan atau uang anda akan langsung dipotong. Anda juga harus baca bagaimana cara pembatalan pemesanan karena hal ini kerap terjadi. Beberapa hotel mungkin akan mengembalikan uang anda full, namun sebagian akan memotong uang anda.

3. Bandingkan Harga Hotel dengan Situs Booking Hotel Lain
Perlu anda ketahui bahwa setiap situs bookin hotel pasti memiliki harga hotel yang berbeda-beda untuk hotel tertentu. Misal Harga kamar di Hotel Neo Malioboro pada situs A lebih murah daripada situs B. Hal ini yang perlu anda cek agar anda mendapatkan harga terbaik. Rajin-rajinlah browsing situs booking hotel online. Siapa yang tidak mau dapat kamar hotel dengan harga miring, bukan?

4. Baca Review dan Testimoni Anggota
Jangan sekali-sekali anda tergiur dengan foto hotel yang dipajang di situs booking hotel online. Tidak banyak traveler yang kecewa karena bentuk aslinya tidak seindah yang difoto. Disinilah peran review dan testimoni sangat penting. Karena pada umumnya, orang yang memberikan review sudah pernah atau baru menginap di hotel tersebut.

5. Gunakan Laptop atau Gadget Pribadi Ketika Booking Hotel Secara Online
Jika anda hendak memesan hotel via online, sangat dianjurkan anda menggunakan device milik anda sendiri. Kenapa? Karena pada transaksi pemesanan kamar hotel, biasanya anda harus memasukan nomor kartu kredit anda baik itu untuk jaminan maupun pembayaran secara langsung. Hal ini juga untuk menghindari adanya pembajakan data pribadi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Demikian tips memesan hotel secara online. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda kemanapun anda berpergian.

Gravatar Image

Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

2 thoughts on “5 Tips Aman Booking Hotel Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *