6 Kegunaan Sikat Gigi Bekas Untuk Bersih-Bersih

Posted on

Kegunaan Sikat Gigi Bekas

Siapa bilang sikat gigi bekas tidak berguna lagi, banyak hal yang bisa kita buat dan lakukan dengan menggunakan sikat gigi bekas dan juga barang bekas lainnya. Nah, kali ini saya akan berbagi tips dan trik mengenai kegunaan sikat gigi bekas untuk bersih-bersih. Silahkan disimak ya…

Membersihkan rumah tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika Anda melakukannya sendiri dengan alat-alat dan perlengkapan yang ada di sekitar. Sikat gigi bisa dikatakan sebagai salah satu alat serba guna untuk membersihkan mulai dari rongga mulut sampai telapak kaki, mengubah mulai dari pernak-pernik pribadi hingga seisi rumah agar tampak seperti baru lagi.

Dalam keluarga, dalam tiga bulan sekali paling tidak ada satu sikat gigi yang masuk masa pensiun dari tugas membersihkan rongga mulut. Ini rekomendasi para pakar kesehatan yang seharusnya sudah diketahui secara umum. Lalu kemana sikat gigi bekas akan menghabiskan masa pensiunnya? Bukan tempat sampah! Asalkan bulu-bulu sikat masih utuh dan tidak berubah bentuk, Anda bisa terus memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Simak beberapa ide berikut ini untuk memberdayakan sikat gigi tua agar tetap berguna. Temukan informasi selengkapnya mengenai tips membersihkan rumah dan bagian-bagiannya pada sumber-sumber terpercaya.

Tips Menggunakan Sikat Gigi Bekas Untuk Bersih-Bersih

  1. Sikat gigi bekas dengan bulu-bulu yang agak halus bisa dipakai untuk membersihkan perhiasan dengan motif rumit seperti cincin, gelang, anting-anting, kalung, dan jam tangan. Cukup basahi bulu-bulu sikat gigi dengan air biasa dan kibaskan untuk menyingkirkan air yang berlebih. Sikatkan secara perlahan pada perhiasan untuk membersihkannya dari sisa keringat bercampur debu yang menumpuk di pojok-pojoknya.
  2. Permukaan dalam kamar mandi yang sering terkena air sering menampakkan kerak kapur atau menjadi tempat pertumbuhan jamur dan lumut. Gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian-bagian sulit dalam kamar mandi dengan pembersih yang sesuai masing-masing permukaan. Keran dan sekelilingnya, tempat sabun, gayung, engsel dudukan WC, dan sela-sela ubin adalah beberapa obyek yang mungkin memerlukan sikat kecil.
  3. Sikat sepatu kadang tidak cukup ampuh membersihkan sepatu secara detil apalagi pada bagian bawahnya. Lumpur yang menempel pada sol sepatu perlu dibersihkan dengan air. Namun, untuk sepatu yang tidak bisa dicuci, sikat gigi basah bisa dipakai untuk menggosok sol tanpa membasahi bagian atas dan dalam sepatu.
  4. Peralatan dapur rentan terkena noda bahan makanan, namun tidak semua peralatan dapur aman dibersihkan dengan tangan atau busa cuci piring. Sisa bau bawang putih atau warna kunyit akan tertinggal pada parut dan bisa mencemari bahan makanan yang diparut berikutnya. Celupkan sikat gigi bekas ke baking soda dan sikatkan pada permukaan parut dengan gerakan memutar. Lalu bilas! Sikat gigi juga tepat untuk menjangkau bagian-bagian sulit pada kompor untuk membersihkannya dari tumpahan atau ceceran makanan.
  5. Sikat gigi kerap tampil sebagai alat pendukung dalam setiap tips membersihkan rumah dan isinya. Gunakan sikat gigi kering untuk menyingkirkan debu dari rel dan penggantung gorden yang sering luput ketika kita mengganti gorden. Lumut yang tumbuh pada pernak-pernik akuarium mudah dibasmi menggunakan sikat gigi. Demikian juga dengan debu bercampur pelumas pada rantai sepeda. Sikat gigi berfungsi seperti kuas dalam membersihkan papan ketik komputer dari debu.
  6. Tidak semua sayuran dan buah perlu dikupas sebelum dimakan atau dimasak. Pencucian yang sempurna cukup untuk membersihkan permukaannya sehingga lebih aman dikonsumsi. Bersihkan kulit kentang menggunakan sikat gigi bekas di bawah air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa tanah. Bersihkan juga cangkang telur dengan menyikatnya secara perlahan sebelum memasaknya atau menyimpannya di dalam lemari es.

Itulah beberapa cara menggunakan sikat gigi bekas untuk bersih-bersih berbagai hal di rumah tangga yang tidak dapat dijangkau oleh sikat atau alat pembersih lain. Jika Anda mempunyai cara memanfaatkan sikat gigi bekas yang lainnya, boleh disampaikan di kotak komentar.

9 thoughts on “6 Kegunaan Sikat Gigi Bekas Untuk Bersih-Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *