Agar Tidak Mengalami Kesulitan Saat Wawancara Kerja

Posted on

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Bagian tersulit saat sedang mencari kerja diakui banyak orang adalah pada tahap wawancara. Mencari lowongan kerja? Ada banyak vacancy yang terpampang di koran dan internet, belum lagi jika Anda punya koneksi pribadi. Namun yang paling sulit adalah ketika Anda sudah sampai di ruang wawancara, dan berhadapan langsung dengan staff HRD.

Suasana di ruang wawancara sendiri sudah membuat orang-orang berkeringat dingin, apalagi jika Anda adalah fresh graduate. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari mulut interviewer bisa-bisa membuat Anda semakin bertambah bingung. Semakin Anda grogi, semakin belibet juga jawabannya. Bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkesan ‘menjebak,’ atau ketika ada pertanyaan tentang hal yang menyangkut hal pribadi?

Hal yang pertama kali Anda harus lakukan adalah tenang terlebih dahulu. Sebelum masuk ruang wawancara, tarik napas dalam-dalam. Lakukanlah ini sebelum masuk ruangan wawancara, dan sesaat sebelum wawancara dimulai agar lebih tenang:

  • Berpakaian rapi
    Pakaian memberikan kesan profesional. Selain itu, mengenakan pakaian yang rapi dan formal juga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.
  • Datang lebih awal
    Datanglah paling tidak 20 menit sebelum waktunya sehingga Anda bisa bersiap-siap dan tidak terkesan habis dikejar waktu.
  • Bersalaman
    Jabatlah tangan pewawancara Anda sebelum dan sesudah wawancara. Anda akan memberikan kesan yang sopan dan profesional.
  • Sikap duduk
    Duduklah tegap namun tetap santai. Pertahankanlah hal tersebut karena banyak orang secara tidak sadar menunduk ketika wawancara berlangsung.

Sekarang, setelah Anda tahu bagaimana harus bersikap, kini saatnya menjawab pertanyaan. Janganlah khawatir, tegang itu wajar, namun tetaplah tenang dan bersikap biasa. Bersikaplah sopan, jawablah dengan kata-kata yang jelas dan intonasi yang baik. Jangan sekali-kali menggumam atau membuat pewawancara harus mengulang pertanyaan dua kali karena mereka tidak mendengar apa yang Anda katakan sebelumnya.

Akan ada banyak pertanyaan yang akan diajukan di dalam wawancara, semuanya pasti ingin melihat apakah Anda memang cocok dengan perusahaan ini atau tidak. Beberapa pertanyaan sulit yang sering muncul antara lain:

  1. Beritahu kami tentang Anda
    Di awal wawancara ini, interviewer menggunakannya untuk memberikan Anda kesempatan bercerita singkat tentang diri Anda. Tidak usah mendongeng. Cukup ceritakan pendidikan, sejarah, atau pengalaman Anda.
  2. Kelemahan diri
    Anda pasti akan ditanya tentang kelemahan dalam diri Anda. Tidak usah berbohong, jawablah pertanyaan ini, tapi gunakan bahasa yang membuat Anda mempunyai solusi untuk hal tersebut. Misalnya Anda adalah orang yang pelupa, maka Anda mengatasinya dengan cara mencatat jadwal di ponsel dan memberikan alarm.
  3. Kenapa ingin pekerjaan ini?
    Pasti pertanyaan ini akan muncul dalam interview. Jawablah sesuai dengan kenyataan yang ada. Jika Anda melamar sebagai software developer, jawablah bahwa Anda memang senang dengan pembuatan aplikasi serta menemukan adanya bug.
  4. Kenapa Anda harus kami terima?
    Ini saatnya Anda menceritakan tentang prestasi Anda. Tetapi ingat! Hal ini bukan berarti Anda lantas menyebutkan sederet prestasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan ini. Jawablah bahwa Anda sanggup mendamaikan orang yang berkonflik dalam tim, bahwa Anda selalu tepat waktu, dll.

Melakukan wawancara kerja memang bukan hal yang menyenangkan, namun hal tersebut adalah sebuah rintangan yang harus Anda lewati untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Selama Anda mencari lowongan, pasti Anda harus melewati tahap ini. Tenang, jujur, dan sabar. Selalu berikan kesan bahwa Anda akan memberikan kontribusi yang banyak kepada perusahaan, dan bahwa Anda bisa memberikan keahlian yang Anda punyai untuk kebaikan perusahaan.

6 thoughts on “Agar Tidak Mengalami Kesulitan Saat Wawancara Kerja

  1. Saya sering menjumpai pertanyaan seperti yang di uraikan dewaihati.com. Kalau kita tidak mempersiapkan diri, maka dijamin wawancara akan gagal. Apalagi kalau sempat kita meremehkan… harapan jadi sia2 deh. :D. Nice tips gan. Thank for sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *