Alasan Blogger Harus Memiliki Blog Mobile-Friendly

Posted on

blog mobile friendly

Apakah Anda seorang blogger yang sudah memiliki blog mobile-friendly? Kalau sudah, berarti Anda akan mendapatkan keuntungan besar dari ngeblog karena memiliki blog mobile-friendly. Jika belum, segeralah untuk membuat blog mobile-friendly.

Apa itu blog mobile-friendly? Blog atau website mobile-friendly berbeda dengan blog mobile (tanpa kata โ€˜friendlyโ€™). Kedua jenis blog ini memang sama-sama dapat diakses dengan mudah di perangkat mobile. Namun, poin utama yang membedakannya adalah blog mobile-friendly memiliki alamat URL yang sama dengan versi desktop-nya, sedangkan blog mobile adalah blog yang berbeda dari blog โ€˜indukโ€™.

Mengapa Blogger Harus Memiliki Blog Mobile-Friendly?

Blog mobile-friendly dipilih karena lebih ringkas, artinya seorang blogger tidak perlu memiliki dua versi website (desktop dan mobile) agar bisa diakses dengan baik oleh kedua jenis perangkat tersebut. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa website mobile-friendly menjamin tampilan sempurna di seluruh perangkat mobile dan desktop tanpa melupakan kemudahan aksesnya. Memiliki blog mobile-friendly adalah salah satu upaya dalam membuat blog yang menghasilkan uang.

Berikut ini beberapa alasan mengapa blogger harus memiliki blog mobile-friendly sekarang juga.

1. Google Lebih Mengutamakan Blog Mobile-Friendly
Google akan segera menerapkan update algoritma terbaru MobileGeddon untuk mesin pencari mereka di seluruh dunia pada tanggal 21 April 2015 mendatang. Dengan update ini metode pencarian google akan diutamakan untuk website mobile friendly. Dengan kata lain, blog mobile-friendly akan diberi porsi lebih besar dalam mesin pencari google.

2. Penggunaan Perangkat Mobile Sedang Meningkat
Popularitas piranti mobile sedang tinggi-tingginya pada saat ini. Di Amerika Serikat saja, 58% warga dewasanya memiliki smartphone. Angka ini bisa jadi lebih tinggi di Indonesia. Kita bisa lihat, di sekitar kita hampir semua orang sudah menggunakan smartphone. Ini berarti pangsa potensial bagi blog mobile-friendly yang tidak boleh begitu saja disia-siakan.

3. Media Sosial Menjaring Pengunjung Mobile
Saat ini, 55% konsumsi penggunaan media sosial terjadi pada perangkat mobile. Apabila mereka mengakses tautan blog yang Anda bagikan melalui smartphone, mereka akan dihitung sebagai pengunjung mobile. Jangan sia-siakan kesempatan ini karena mereka bisa saja langsung keluar dari blog Anda hanya karena desain blog Anda belum mobile-friendly.

4. Blog Mobile-Friendly Turut Menaikkan Peringkat di Mesin Pencari
Trafik yang masuk ke blog mobile-friendly dapat menaikkan peringkat performa blog di mesin pencari. Bagaimana bisa? Jika blog Anda hanya memiliki satu URL saja, pengunjung yang masuk melalui smartphone akan tetap dihitung berkunjung ke blog Anda. Selain itu, blog mobile-friendly akan membuat Anda up-to-date dengan algoritma Google terbaru, sehingga blog Anda dapat tampil lebih baik di mesin pencari.

5. Pengalaman Pengguna (Pengunjung Blog) Lebih Baik
Blog mobile-friendly tentunya memiliki desain atau tema blog responsif. Dengannya, blog akan tampil baik di perangkat mobile dan desktop. Hal ini tentu saja akan memberikan pengalaman pengguna atau pengunjung blog Anda lebih baik. Pengunjung tidak perlu zoom in, zoom out, maupun geser ke kanan dan ke kiri hanya untuk mendapatkan informasi di blog mobile-friendly Anda. Sebagai hasilnya, pengalaman pengunjung yang baik dapat meningkatkan konversi pada blog dan mengurangi angka rasio pentalan (bounce rate).

6. Lebih Mudah Mengurus Satu Blog
Menggunakan blog mobile-friendly artinya Anda hanya perlu mengurus satu blog. Ya, satu blog atau website untuk semua karena memang dapat ditampilkan dengan baik pada perangkat apapun. Berbeda dengan blog mobile yang terpisah dari blog versi desktop, dan perlu memperbarui keduanya apabila ada yang perlu ditambahkan.

Tentunya masih banyak alasan lain mengapa blogger harus memiliki blog mobile-friendly yang akan bisa meningkatkan performa blog di mata pengunjung dan mesin pencari. Apalagi bagi yang memiliki website bisnis online.

17 thoughts on “Alasan Blogger Harus Memiliki Blog Mobile-Friendly

  1. Blog saya 1 tahun tidak ada pengunjung pengguna perangkat mobile gara-gara salah setting robots.txt hik..hik..! Setelah perbaikan lumayan dapat 10% trafik dari para pengguna perangkat mobile. Yang pasti kolaborasi antara setting blog mobile friendly dan sosial media memang bisa menjadi sumber trafik yang menjanjikan dimasa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *