Barang Bekas? Why Not!

Posted on

Artikel pertama di slot Penulis Tamu Blog Dawaihati ini,  ditulis oleh Marini Kitajima pemilik blog mobkasmurah.com. Artikel ini mengupas tentang jual beli barang bekas dan permasalahannya. Mungkin kita pernah atau bahkan sering melakukannya dan mempunyai pendapat tersendiri mengenai hal tersebut. Untuk itu, marilah kita simak!

Barang bekas atau second yang artinya tentu saja barang yang telah dipakai orang lain lalu kemudian dijual. Malu tidak sih beli barang bekas? Seperti baju bekas, buku bekas, handphone bekas, mobil bekas, dan lain-lain.

Barang Bekas

Semakin banyaknya situs jual beli online dan juga forum jual beli, memungkinkan kita untuk menjual barang-barang pribadi kita yang sudah tidak terpakai. Saya pun merasakan sekali manfaat dari situs dan forum jual beli tersebut. Mulai dari buku, handphone dan terakhir laptop saya pun sudah berpindah tangan alias saya jual.

Alasan orang menjual barang-barang koleksi pribadinya tentu saja bermacam-macam. Seperti contoh : saya menjual buku, karena tidak tersedianya tempat yang memadai untuk menampung banyaknya koleksi buku-buku saya, maka saya memutuskan untuk menjual buku-buku tersebut. Kalau untuk handphone, alasannya bermacam-macam : karena sudah rusak, ingin ganti handphone dan tentu saja kadang karena alasan butuh uang.

Alasan orang membeli barang bekas tentu saja karena harganya yang relative lebih murah. Kadang muncul berbagai pertanyaan : apakah tidak takut kalau barang itu ternyata rusak tidak lama setelah kita membeli, atau apakah penjual jujur mengungkapkan keadaan barang yang dijual? Atau mungkin sering juga khawatir jika metode pembayaran adalah melalui transfer, tidak bisa COD. Pasti ada rasa khawatir tertipu, barang tidak dikirim.

Kalau saya pribadi, selama ini pengalaman saya membeli barang bekas, ya saya menggunakan feeling saja. Jadi ya sampai saat ini syukurlah tidak pernah tertipu atau barang tidak sesuai pesanan.

Kalau kita bisa mengurangi pengeluaran dengan membeli barang bekas yang tentu saja harganya jauh lebih murah, kenapa tidak? Tidak perlu merasa malu. Coba lihat di situs-situs jual beli. Banyak lapak jual beli yang laris manis dikunjungi peminatnya. Dalam beberapa jam bahkan sudah terjual.

Rencana membeli barang bekas? Silahkan. Tapi ingat ya, teliti dulu sebelum membeli. Good Luck.

15 thoughts on “Barang Bekas? Why Not!

  1. Untuk lebih menghemat biaya pengeluaran memang bagus bila kita merencanakan membeli barang2 second lagian tidak semua barang second atau bekas itu buruk dan bahkan banyak yang bagus2 kalau kita pandai dalam memilih 🙂

  2. Tidak menjadi masalah. Kalau di Malaysia ia dipanggil barangan second hand mendapat permintaan kerana adanya berjenama dapat dibeli dengan harga berpatutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *