Bekerja Itu Satu Kemuliaan

Posted on

Prinsip dalam Islam ialah Bekerja Itu Satu Kemuliaan, yang penting halal. Islam menuntut setiap manusia bekerja, berusaha mencari rezeki untuk dirinya, keluarganya dan juga untuk kedua orang tuanya yang tidak mampu lagi untuk bekerja.

bekerja itu satu kemuliaan

Di samping itu Islam juga menyatakan bahwa sesuatu kerja, usaha, ataupun bisnis yang halal itu adalah merupakan tugas yang diamanahkan oleh Allah kepada seseorang manusia. Maka apabila seseorang itu menjalankan tugasnya ataupun bekerja, dengan sendirinya berarti, bahwa seseorang tersebut sedang menunaikan amanah Allah.

Dalam satu riwayat diceritakan, ketika seorang peminta-minta datang kepada Nabi. Nabi menanyakan, kamu punya apa? Saya hanya punya satu periuk untuk masak, jawabnya. Kemudian Nabi meminta periuknya. Setelah diserahkan kepada Nabi, lalu Nabi menjualnya dan uangnya dibelikan kampak dan tali. Setelah itu Nabi menyampaikan daripada kamu minta-minta, lebih baik kamu bawa kampak dan tali ini mencari kayu bakar, terus kamu jual dan setelah sepekan kamu lapor. Setelah sepekan dia lapor, alhamdulillah dia sudah bisa membiayai istri dan anak-anaknya serta sudah bisa membeli periuk lagi.

Bekerja itu satu kemuliaan karena merupakan ibadah. Oleh sebab itu setiap insan hendaklah menyadari dan menghayati bahwa setiap kegiatannya menjalankan kerja yang halal adalah wajib baginya dan harus dimulai dengan niat ibadah. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Mencari kerja yang halal itu adalah fardhu selepas fardhu”. (Riwayat Al- Baihaqi)

Selain dari itu Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barangsiapa bekerja untuk anak isterinya melalui jalan yang halal, maka bagi mereka pahala seperti orang yang berjihad di jalan Allah”. (Riwayat Al- Bukhari)

6 thoughts on “Bekerja Itu Satu Kemuliaan

  1. Fantastic website below! In addition your website lots way up quick! Just what sponsor are you currently the use of? Can I am getting the affiliate weblink for your coordinator? If only this site filled as speedily since yours ; )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *