Berapa Total Estimasi Biaya Renovasi Rumah?

Posted on

biaya renovasi rumah

Memiliki rumah yang indah dan sesuai dengan keinginan merupakan idaman bagi setiap orang. Namun tak dapat dihindari rumah yang sudah lama ditinggali butuh renovasi agar tampilan rumah menjadi lebih indah. Berbagai macam jenis renovasi dapat Anda pilih. Mulai dari renovasi kecil hingga renovasi besar yang akan mengubah seluruh tampilan rumah Anda. Sebelum melakukan renovasi rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar proyek pengerjaan renovasi rumah Anda berjalan lancar. Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan yaitu estimasti biaya renovasi rumah yang dibutuhkan. Agar Anda bisa mempersiapkan dana untuk proses renovasi rumah Anda. Berikut informasi seputar biaya renovasi rumah yang perlu Anda ketahui.

Harga tenaga kerja

Ketika Anda ingin merenovasi sebuah rumah. Anda harus mengetahui metode pembayaran yang sebaiknya diterapkan untuk tenaga kerja Anda. Ada berbagai macam jenis metode pembayaran tenaga kerja yang bisa Anda pilih seperti sistem harian, borongan jasa serta borongan penuh. Sistem pembayaran tukang harian, pada umumnya Anda hanya membayar jasa tukang belum termasuk biaya material. Untuk biaya sistem tukang harian ini dikenakan biaya sekitar Rp 125.000,00 hingga Rp 150.000,00 per harinya.

Jika Anda ingin menggunakan sistem borongan jasa. Anda akan membayar jasa berdasarkan luas proyek Anda. Biaya yang Anda bayar sudah pasti berdasarkan luas bangunan Anda. Bila waktu pengerjaan melebihi target seperi faktor hujan dan faktor tukang yang memperlambat. Anda tidak perlu membayar lebih, sebab perhitungan sudah ditentukan berdasarkan luas bangunan. Untuk sistem ini, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 600.000,00 hingga Rp 800.000,00 per m2.

Sedangkan, untuk sistem borongan penuh. Anda tidak perlu repot membeli bahan material sendiri. Sebab biaya yang Anda bayar sudah termasuk jasa tukang bangunan dan bahan-bahan material. Harga yang perlu Anda bayar tergantung pada jenis material yang Anda pilih. Untuk material kelas paling bawah namun masih sesuai dengan SNI, biaya yang diperlukan sekitar Rp 2.500.000,00/m2. Untuk material premium, Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 4.000.000 /m2.

Biaya tanah dan bangunan

Biaya tanah dan bangunan ini perlu diperhatikan jika Anda ingin menambah luas rumah Anda. Misalnya Anda ingin memperluas rumah sekitar 25 meter persegi. Tentu Anda harus membeli tanah. Harga tanah di lokasi yang Anda inginkan dijual senilai Rp 1.000.000/m2. Maka biaya yang Anda butuhkan adalah 25 x Rp 1.000.000 = Rp 25.000.000,00. Apabila tanah Anda cukup, Anda tidak perlu menghiraukan bagian ini. Anda hanya perlu menghitung biaya jasa dan material per meternya. Maka sejumlah itulah gambaran biaya yang Anda perlukan.

Tambahkan 10% biaya tak terduga

Melakukan renovasi besar pada rumah Anda tentu merupakan investasi yang membutuhkan perencanaan serta biaya yang cukup. Sebaiknya, siapkan dana tambahan untuk biaya lain-lain diluar dugaan selama proses pengerjaan. Untuk itu, Anda pelu menyiapkan dana tambahan sebesar 10% dari total biaya renovasi rumah yang sudah Anda hitung.

Total estimasi biaya renovasi rumah

Setelah mengetahui kisaran harga tukang, material dan tanah. Anda bisa menghitung total biaya yang dibutuhkan. Misal, Anda ingin merenovasi rumah type 36. Penambahan luas bangunan menjadi seluas 61 meter persegi. Anda memilih sistem pembayaran borongan penuh dengan kualitas material standard, Rp 2.500.000/m2. Jadi hitungannya 61 x Rp 2.500.000/m2 = Rp 152.500.000. Ditambah harga tanah menjadi Rp 177.500.000,00. Jangan lupa tambahkan 10% untuk biaya tak terduga dari biaya renovasi rumah yaitu Rp 17.750.000,00. Maka total estimasti biaya renovasi rumah Anda yang dibutuhkan sebesar Rp 195.250.000,00.

Itulah biaya perkiraan yang bisa Anda jadikan gambaran sebelum melakukan proyek renovasi rumah Anda. Anda perlu membuat perencanaan yang matang serta menyiapkan dana yang cukup agar proses renovasi rumah Anda berjalan lancar dan hasilnya memuaskan. Untuk melihat contoh RAB, Anda bisa mengecek biaya renovasi rumah di Sejasa.com. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image

Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *