Blogger Bisa Jadi Motivator Atau Provokator

Posted on

“Untuk menulis satu entri blogger perlu fikirkan: Apa yang ingin disampaikan? Bagaimana untuk disampaikan? Hasil dari penyampaian yang disampaikan?”

Itulah sepenggal kalimat yang ditulis pada sebuah artikel di blog Denaihati dengan judul Blogger Adalah Pemikir Hebat. Dengan mengacu pada artikel tersebut, saya berpendapat bahwa seorang blogger bisa jadi motivator atau provokator.

Blogger bisa jadi motivator atau provokator, karena dengan tulisannya mereka mampu memberikan motivasi atau provokasi yang mempengaruhi pikiran serta tindakan pembacanya.

Blogger sebagai motivator

Motivator adalah orang (perangsang) yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu; pendorong; penggerak (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dan kata motivator identik dengan hal yang positif.

Begitu pun blogger bisa menjadi seorang motivator handal. Melalui berbagai ide hebat nan kreatif dan juga rekaman informasinya, mereka mampu memberikan motivasi atau pengaruh kepada pembacanya untuk bergerak atau melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik. Baik dalam perkara umum maupun dalam hal agama untuk kepentingan diri sendiri dan juga orang lain.

Blogger sebagai provokator

Berbeda dengan motivator, provokator identik dengan hal negatif. Provokator adalah orang yang melakukan provokasi (www.kamusbesar.com). Sedangkan provokasi itu adalah perbuatan untuk membangkitkan kemarahan; tindakan menghasut; penghasutan; pancingan (nomina), atau pengaruh untuk melakukan perbuatan negatif.

Seorang blogger dengan tulisan bernada “miring” di blog, bisa menjadi seorang provokator. Bayangkan saja, tulisan tersebut akan dibaca oleh berpuluh, beratus atau bahkan berjuta pengunjungnya, baik yang datang secara dari mesin pencari atau pengunjung yang datang dari hasil berbagi di sosial media.

Akibatnya, tidak sedikit blogger yang tersandung dengan kalimat-kalimat “miring” di blog mereka dan berakhir di meja hijau.

Itulah pendapat saya mengenai blogger bisa jadi motivator atau provokator. Maka dari itu berpikir, berhati-hati dan bijaksanalah dalam menulis.

15 thoughts on “Blogger Bisa Jadi Motivator Atau Provokator

  1. Lebih memilih untuk menjadi seorang blogger yang motivator Kang dadan…
    Dunia maya bisa memberikan sejuta manfaat atau bahkan sebaliknya sejuta masalah tergantung kita sebagai pemakainya Kang…
    Bagus artikelnya ini Kang

  2. Bilion terima kasih diucapkan oada kang dadan sudi sertai kontes contest #‎DuitRaya‬ dan semoga berjaya. Sentiasalah melawat Denaihati yer untuk mengetahui update terkini contest dari masa kesemasa.

  3. Betul tu kerana tulisan kita bisa menjadi racun atau penawar kepada sesuatu. Kalau elok tulisnya, maka eloklah apa yang pembaca dapat jika sebaliknya, kesannya juga sama

  4. Benar Kang, ada sebaiknya para blogger menuangkan ide tulisan atau pun liputannya harus berhati-hati. Kekuatan seorang blogger itu salah satunya berada pada tulisannya, apalagi bisa dikombinasikan dengan photo dan multimedia lainnya. Hal sederhana namun dapat mengarahkan orang untuk berbuat sesuatu yang akan membentuk suatu gelombang besar dari suatu pembentukan karakter.

    Salam wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *