Cara Charge Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Posted on

Cara Charge Baterai Smartphone

Kebutuhan akan gadget bagi sebagian orang sekarang ini memang cukup meningkat terutama gadget-gadget canggih seperti smartphone. Selain sebagai tren dan untuk kemudahan dalam komunikasi, smartphone juga dinilai bisa memberikan kemudahan dalam mendukung pekerjaan sehari-hari dengan tersedianya berbagai fitur dan aplikasi didalamnya.

Smartphone juga merupakan salah satu faktor pendukung yang dapat membantu aktivitas seorang dalam mengelola blognya. Seperti beberapa tanggapan yang dilontarkan sahabat blogger pada postingan Pentingnya Gadget Bagi Seorang Blogger, kebanyakan mengatakan bahwa keberadaan gadget (termasuk smartphone) bagi seorang blogger sangat penting sekali.

Karena itu, bagi yang membutuhkan dukungan maksimal dari smartphone harus benar-benar pintar dalam merawatnya agar perangkat tersebut bisa tahan dipakai hingga beberapa waktu yang cukup lama. Salah satu yang mesti diperhatikan dalam perawatan ponsel pintar adalah baterai smartphone. Umumnya, umur baterai smartphone akan bertahan hingga 2-3 tahun. Jika baru setahun membeli smartphone baru, namun baterainya sering cepat habis, jangan-jangan ada yang salah dalam cara merawat baterai smartphone tersebut.

Nah, diantara cara merawat baterai smartphone yang perlu diperhatikan yaitu cara charge baterai smartphone dengan baik agar bisa tahan lama. Bagaimana caranya? Silahkan simak tips berikut ini yang dikutip dari Chip Online.

Cara Charge Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

1. Jangan menunggu sampai baterai smartphone habis total
Melakukan charge menunggu sampai smartphone mati total atau nol persen dulu, itu akan memperburuk kualitasnya dan memperpendek umur baterai. Karena, dalam waktu yang sama, proses charge baterai dari 0-50% akan memakan daya yang lebih besar dibandingkan charge dari 50-100%.

2. Gunakan charger yang tepat
Dalam melakukan charge smartphone sebaiknya tetap menggunakan charger bawaannya, meskipun sebagian smartphone bisa di charge dengan menggunakan charger yang berasal dari merek lain. Hal itu untuk mencegah baterai terisi melebihi kapasitas dan bisa menyebabkan baterai Anda meledak. Selain itu, charger bawaan smartphone saat ini biasanya sudah pintar, yang sudah mengusung fitur auto current cut, yang memutus arus ke baterai ketika baterai sudah penuh.

3. Jangan melakukan isi ulang baterai hingga penuh
Selain jangan menunggu sampai baterai habis total, begitu pula jangan melakukan charge hingga baterai penuh atau full. Cara charge baterai smartphone terbaik adalah mencabut charger sebelum baterai benar-benar penuh dan menjaga baterai di sekitar angka 40-80%. Ini dilakukan agar baterai lithium-ion atau lithium-polimer pada smartphone bisa bertahan hingga waktu cukup lama. Meski saat ini baterai smartphone sudah bisa menghentikan charge saat sudah terisi penuh, sebaiknya hindari berlama-lama melakukan charge karena bisa membuat baterai menjadi panas atau menggelembung.

4. Matikan saat melakukan charge
Semakin banyak cycle (charge, pakai, charge, pakai) akan semakin memperburuk kinerja baterai. Untuk itu, sebaiknya matikan perangkat saat baterainya diisi ulang atau setidaknya saat berada dalam mode sleep.

5. Hindari tempat panas
Ketika melakukan charge hindari tempat yang panas, sebab salah satu musuh utama baterai li-ion dan li-polimer adalah panas.

Itulah beberapa cara charge baterai smartphone yang perlu diperhatikan agar baterai smartphone tahan lama. Semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Cara Charge Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

  1. Untuk mematikan smartphone saat dicharge, akan menemui kesulitan. Smartphone tidak bisa dipergunakan untuk komunikasi dalam jangka waktu yang lama.

  2. You’d be surprised what a well placed shower head and good water pressure could teach you.

    I asked him why and he said “Because we’re getting divorced.
    In Elke the Stallion’s case, her co-star has yet to be identified’ and, honestly, no one really cares.

  3. ya, satu tips yang menarik nih. Salam dawaihati, saya ada permintaan ni. Boleh x kamu buat satu artikel mengenai senarai top blogger di indonesia. Dari situ nanti saya kenal top blogger indonesia dan bolehlah senang untuk saya melawat dan melakukan blogwalking. bolehkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *