Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Posted on

Jerawat memang menjadi musuh utama remaja di seluruh dunia. Masalah kulit yang satu ini kerap kali membuat penderitanya merasa minder karena wajah mereka yang tadinya mulus menjadi dipenuhi jerawat. Belum lagi, setelah jerawat mereda mereka akan dihadapkan pada bekas jerawat yang tidak kalah sulit untuk diatasi.

Bahkan bekas jerawat yang membentuk parutan tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami saja melainkan harus menggunakan prosedur medis seperti operasi atau perawatan laser. Nah, bagi anda yang masih belum dan sudah terlanjur mengalami jerawatan berikut beberapa tips mencegah dan menghilangkan jerawat yang bisa anda lakukan di rumah:

cara mencegah jerawat

Tips Mencegah Jerawat

1. Jaga kebersihan kulit wajah: Melakukan rutinitas seperti membersihkan wajah secara rutin dapat membantu mencegah jerawat. Membersihkan wajah sebelum tidur misalnya dapat menghilangkan makeup, kotoran dan debu yang menempel di kulit wajah. Membersihkan kulit secara rutin juga berguna menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat memicu pertumbuhan jerawat.

2. Bersihkan tempat tidur anda: Selain menjaga kebersihan kulit wajah membersihkan peralatan yang sering anda gunakan juga sangat penting untuk mencegah jerawat. Contohnya saja bantal, selimut dan handuk yang kotor bisa mengakibatkan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk itu cucilah sarung bantal, seprai dan handuk secara berkala.

3. Gunakan make-up dengan label nonComedogenic: Jerawat sering disebabkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh produk kecantikan yang kita gunakan sehingga membuat bakteri akan lebih mudah tumbuh dan berkembang. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi, gunakanlah produk kecantikan yang memiliki label non-comedogenic atau produk yang tidak menyumbat pori-pori. Produk semacam ini memungkinkan kulit untuk bernapas sehingga akan mengurangi kemungkinan infeksi kulit, peradangan, iritasi dan jerawat.

4. Gunakan pelembab: Kulit yang berjerawat biasanya juga membutuhkan pelembab. Kurangnya tingkat kelembaban pada kulit akan mendorong kelenjar sebaceous untuk memproduksi sebum dan minyak lebih banyak untuk melembabkan kulit, hal inilah yang membuat kulit kering akan mudah berminyak dan berjerawat. Sebaiknya pilihlah pelembab yang bebas minyak, berbasis air atau gel dan non-comedogenic. Karena produk semacam ini umumnya sangat cocok digunakan untuk mencegah jerawat. Jika memungkinkan anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti pepaya dan madu untuk melembabkan kulit secara alami.

5. Olahraga secara rutin: Memang tidak ada hubungan langsung antara kurangnya olahraga dan timbulnya jerawat. Tetapi olahraga secara rutin selama setidaknya 30 menit setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit anda. Olahraga secara rutin dapat menjaga keseimbangan kadar hormon dan juga melepaskan racun melalui keringat, sehingga akan mengurangi kemungkinan jerawat.

6. Konsumsi makanan sehat: Jerawat dapat dicegah dengan mengikuti diet sehat dan seimbang. Mengurangi karbohidrat, gula berlebih dan produk susu sekaligus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit termasuk masalah kulit seperti jerawat. Buah dan sayur mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti Antioksidan, vitamin dan mineral yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, yang ini merupakan faktor penting untuk mencegah jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

1. Jus lemon: Salah satu bahan yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lemon. Menerapkan lemon pada kulit yang berjerwat merupakan obat yang efektif untuk mengatasi jerawat. Pastikan bahan yang akan digunakan adalah lemon segar yang tidak mengandung bahan pengawet.

2. Lidah buaya: Gosokkan lidah buaya pada kulit yang rentan atau berjerawat. Lidah Buaya dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit wajah dan membuatnya lembut dan sehat secara alami. Obat alami dari lidah buaya ini juga berguna mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan pembersihan ini secara rutin pagi dan malam.

3. Baking soda: Bahan pembuat kue ini juga sering digunakan untuk menghilangkan jerawat karena diketahui memiliki efek penyembuhan yang cepat. Buat pasta dari baking soda dengan menambahkannya air. Oleskan pasta dari baking soda tadi ke seluruh kulit wajah terutama yang berjerawat. Diamkan hingga 10 menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Ramuan ini dapat digunakan untuk jenis kulit berminyak, kering, atau kombinasi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, bersihkan kulit anda terlebih dahulu sebelum menerapkan pasta baking soda.

4. Cuka sari apel: cuka sari apel secara alami dapat mengatur tingkat pH kulit dan membantu menyembuhkan jerawat. Cara penggunannya: Campur setengah sendok teh cuka sari apel dengan secangkir air. Gunakan kapas untuk menerapkannya pada daerah yang terkena jerawat. Biarkan hingga semalaman lalu bersihkan saat anda bangun.

Beberapa cara menghilangkan jerawat dan tips mencegah jerawat di atas mungkin hanya sebagian dari beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan jerawat. Untuk itu jangan pernah berhenti mencari informasi. Semoga artikel di atas bermanfaat, terimakasih.

3 thoughts on “Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *