Cara Menjual Ruang Iklan di Blog

Posted on

Ruang Iklan

Perkembangan blog begitu pesat sebagai sarana untuk mempromosikan atau mengiklankan sebuah produk, sehingga banyak blogger yang menjadikan blog sebagai mesin penghasil uang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang melalui blog. Mulai dari memasang iklan dengan mengikuti Advertising Network seperti Google Adsense, Doubleclick for Publisher atau jaringan periklanan sejenisnya, menjual produk sendiri, menjual jasa, mengikuti program afiliasi, mengikuti kontes blog sampai dengan menjual ruang iklan di blog.

Dari sekian banyak cara tersebut, yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana cara menjual ruang iklan di blog. Cara ini tidak lain menawarkan space iklan mandiri di blog kita untuk para advertiser yang mau memasang iklan produk mereka. Cara ini juga terbilang lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan cara yang lain. Diantaranya karena pemilik blog tidak akan terikat oleh aturan (karena aturannya dia yang buat sendiri), mendapatkan bayaran penuh bahkan pembayarannya diberikan di muka dan bisa mendapatkannya setiap bulan, serta blogger bisa menyeleksi sendiri materi iklan yang boleh dipasang diblognya.

Cara Mendapatkan Pemasang Iklan Untuk Blog

Banyaknya keuntungan yang akan didapat dari menjual ruang iklan di blog berbanding lurus dengan sulitnya mendapatkan advertiser. Dengan kata lain, mencari dan mendapatkan advertiser yang mau memasang iklan di blog kita, tidaklah mudah. Banyak hal atau syarat yang harus dipenuhi berkaitan dengan blog yang akan kita jadikan sebagai publisher iklan. Diantaranya, blog harus memiliki trafik yang tinggi, banyaknya jumlah pengunjung tetap yang ditandai dengan jumlah follower, liker, dan subscriber. Tak ketinggalan pagerank yang tinggi dan alexa rank yang ramping.

Namun demikian, semua syarat diatas tidak selamanya menjadi sebuah ketentuan yang tetap. Asalkan blog punya trafik tinggi, sudah cukup menjadi modal utama untuk bisa mendapatkan advertiser. Meskipun pagerank dan alexa rank rendah, hal itu tidak masalah.

Untuk selanjutnya, silahkan simak beberapa langkah cara menjual ruang iklan di blog yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Membuat Halaman Pasang Iklan
Langkah pertama, buatlah sebuah halaman atau postingan tentang pasang iklan di blog. Halaman tersebut setidaknya harus berisi tentang deskripsi blog, statistik jumlah trafik, ranking alexa, pagerank, dan jumlah follower blog. Ditambah lagi mengenai syarat dan ketentuan memasang iklan plus contact person yang bisa dihubungi. Sebagai contoh, Anda bisa lihat di halaman pengiklan Hasrulhassan.com.

2. Memasang Banner Iklan
Langkah kedua, untuk melengkapi atau mendukung halaman pasang iklan, buatlah banner iklan di blog. Banner tersebut dibuat bertujuan untuk memberikan informasi bahwa blog Anda bersedia disewakan sebagian space nya untuk dipasangi iklan, dan banner itu harus dipasang di blog dimana pengunjung terutana calon advertiser bisa melihatnya. Jangan lupa, beri link di banner yang mengarah langsung ke Halaman Pasang Iklan.

3. Menghubungi Pemasang Iklan / Advertiser
Langkah ketiga, jika poin satu dan dua sudah dilakukan, sebaiknya Anda tidak hanya menunggu dihubungi calon advertiser. Namun, alangkah baiknya Anda hunting para pemasang iklan. Caranya mudah sekali, yaitu dengan searching di Google lalu kunjungi situs Pasang Iklan Baris Gratis. Disana terdapat banyak banner-banner para pengiklan yang dipasang. Silahkan Anda kunjungi situs para pengiklan tersebut, kemudian hubungi mereka melalui contact person nya yang berupa email, nomor handphone, atau contact us. Selanjutnya tawarkan pemasangan iklan kepada mereka di blog Anda dengan memberikan beberapa penjelasan mengenai blog Anda dan syarat ketentuan pemasangan iklan.

Itulah sedikit tips menjual ruang iklan di blog sebagai salah satu cara mendapatkan uang melalui blog. Semoga bermanfaat. Terakhir, meskipun belum layak mendapatkan advertiser, namun jika ada yang berkenan memasang iklan di blog dawaihati.com silahkan klik disini.

31 thoughts on “Cara Menjual Ruang Iklan di Blog

  1. saya malah belum pernah dapat iklan mandiri di blog saya.. Padahal ngeblog sudah 3 tahunan 🙁 tapi setelah baca ini mulai ada pencerahan.. 🙂 makasih gan…

  2. Oh jadi perlu ada penawaran juga yah ? saya kira hanya membangun widget dan TOS pasang iklan dll.. baiklah.. saya coba sedikit perubahan 😀

  3. kalo konten lokal agak susah gan, krn pengunjung Indonesia bukan tipikal pengklik iklan. Jadi kalo mau bisnis lewat blog sy sarankan konten bahasa inggris aja.

  4. Sebetulnya pengen juga jual space iklan cuma masih bingung nentuin harga & nyari konsumennya 🙂 padahal saya ada blog nganggur ga dipasang adsense dengan page view 38ribuan sehari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *