Cara Merawat Tromol Trusty Agar Tetap Fit

Posted on

Beberapa tahun belakangan ini motor-motor jenis terbaru sudah dibekali dengan rem cakram dan ada juga telah didukung oleh teknologi ABS sehingga lebih pakem dan menjaga kualitas keamanan bagi pengendaranya, namun bagi motor-motor lawas tentu masih memakai rem jenis tromol sehingga perlu perawatan khusus agar tetap tampil prima saat digunakan.

Sepeda motor yang anda miliki boleh saja memiliki tenaga besar dan mampu berlari cepat. Tapi bagaimanapun juga, motor anda tetap membutuhkan rem untuk mengurangi kecepatan agar dapat terhindar dari kecelakaan. Memang secara kenyamanan masih kalah dibandingkan dengan rem cakram namun apabila dirawat dengan baik dan selalu mendapatkan pemeriksaan secara berskala maka bisa saja membuat anda semakin betah untuk menggunakannya meskipun dipakai untuk jarak jauh.

tromol trusty

Fungsi rem tromol trusty hampir digunakan pada semua pengereman untuk roda belakang sepeda motor. Baik tidaknya pengereman dari rem tromol ini sangat ditentukan oleh kuat tidaknya gesekan yang terjadi antara kampas rem dan tromol rem. Kuat tidaknya gesekan yang terjadi antara kampas rem dengan tromol trusty rem sangat dipengaruhi dengan kekasaran dari kampas rem dan tromol rem tersebut.

Selain itu ketebalan kampas rem, kerataan tromol juga berperan dalam mempengaruhi kekuatan dari gesekan antara kampas rem dan tromol rem tersebut. Permukaan kampas rem dan tromol rem yang licin itu harus diamplas. Bila tromol sudah tidak rata harus dibubut ke bengkel bubut.

Ada beberapa tips merawat membersihkan rem tromol dari kotoran supaya lebih tidak menimbulkan suara dan juga tetap aman saat digunakan :

Berikut ini adalah tips-tips mengenai perawatan rem tromol pada sepeda motor :

  • Roda belakang dilepas.
  • Lepas dan bongkar unit atau element-element pada rem tromol.
  • Perhatikan dan periksa permukaan kampas rem. apabila ada permukaan kampas rem yang licin harus diamplas dengan amplas kasar. Kemudian sikat dengan sikat halus.
  • Periksa ukuran ketebalan kampas rem. Jika ketebalan sudah diluar ketentuan ganti kampas rem. Pergantian kampas rem harus satu set.
  • Bersihkan dan amplas juga tromol rem.
  • Jika ganti kampas , terlebih dahulu amplas kampas rem tersebut.
  • Memeriksa permukaan tromol dari terkena oli. Keringkan permukaan tromol jika terkena oli dengan kain lap.
  • Perhatikan dan Periksa keadaan pegas – pegas pengembalinya. Pegas yang lemah, macet atau patah harus diganti.
  • Pasang dan rakit kembali rem tromol tersebut.
  • Roda belakang dipasang kembali.

Cara merawat rem yang terakhir, yakni menggunkan rem dengan semestinya, saat berkendara usahakan jarak dengan kendaraan di depan tidak terlalu dekat, hal ini untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering. Saat melakukan pengereman secara terus-menerus maka akan mengakibatkan kampas rem mudah terbakar, sehingga mengurangi umur kampas atau cepat habis. Sebenarnya merawat rem tidak sulit jika mematuhi tips dan panduan tersebut, serta menggunakan jasa rem dengan semestinya.

Incoming search terms:

cara merawat tromol rustytips supaya tromol bubut tidak patah
Gravatar Image

Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *