Cara Mudah Membuat Slime dari Detergen

Posted on

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat slime, pertama-tama yang harus kita ketahui dulu adalah apakah slime itu. Slime asal katanya dari bahasa inggris yang berarti lumpur, slime sejenis mainan yang memiliki tekstur kenyal, lengket dan mirip lumpur.

Mungkin berguna bagi Anda : 6 Kegunaan Sikat Gigi Bekas Untuk Bersih-Bersih

Walaupun memiliki tekstur yang kenyal, lengket namun kelebihan dari slime adalah karena slime mudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat slime dengan mudah menggunakan deterjen, berikut ulasannya:

slime

Cara membuat slime dari deterjen

Cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat slime dengan bahan yang lainnya, pertama kita akan mengetahui terlebih dahulu alat dan bahan membuat slime.

Alat dan bahan

  1. Wadah (digunakan sebagai tempat untuk mencampur slime)
  2. Alat pengaduk (sendok atau bisa juga menggunakan alat yang lain)
  3. 3 sendok makan lem putih
  4. Deterjen
  5. Pewarna makanan
  6. Air

Tata cara membuat slime dari deterjen

Yang pertama sebaiknya anda lakukan adalah memastikan semua peralatan maupun bahan untuk membuat slime sudah ada. Jika sudah lengkap, selanjutnya kita melangkah ke tahap pembuatan slime.

1. Langkah pertama
Masukkan lem ke dalam wadah yang telah disediakan (misalnya: mangkuk atau baskom kecil). Selanjutnya berikan pewarna yang sesuai dengan keinginan anda, tingkat kecerahan warna bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur dengan rata.

2. Langkah kedua
Masukkan deterjen secara bertahap, sedikit demi sedikit dan aduk sampai menggumpal dan lakukan seterusnya sampai adonan benar-benar menggumpal secara sempurna.

3. Langkah ketiga
Setelah adonan tercampur dengan deterjen secara rata kemudian diamkan beberapa menit (2-3 menit).

4. Langkah keempat
Selanjutnya masukan adonan ke dalam rendaman air secukupnya kurang lebih 3 menit. Tada!!! adonan slime sudah jadi dan siap digunakan. Tarik-tarik saja, karena adonannya cukup lentur namun tidak terlalu lengket.

5. Slime siap digunakan
Terakhir slime telah siap digunakan, sebaiknya digunakan dengan bijak.

Usahakan melakukan pengawasan kepada anak yang bermain menggunakan slime agar tidak tertelan atau disalahgunakan. Semoga bermanfaat

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

One thought on “Cara Mudah Membuat Slime dari Detergen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *