Dampak Sosial Media Di Kalangan Masyarakat

Media sosial sebagai tempat untuk menuliskan atau mencurahkan isi hati seseorang, belakangan memang dianggap oleh sebagian orang tidak ubahnya sebagai pengganti diary. Orang bebas untuk menuliskan atau membagikan apa saja. Konsekuensi dari hal tersebut tentu saja juga terkait dari bagaimana menggunakan media sosial. Menurut penelitian terbaru, kecenderungan sebagian besar para pengguna media sosial cukup baik. Penelitian tersebut setelah melalui hasil studi – sebuah pusat studi informasi yang meneliti sikap, isu dan tren yang terjadi di dunia – yang meliputi dari kalangan remaja dan orang dewasa.

dampak sosial media

Hasil penelitian yang ditafsirkan oleh Salesforce Rypple melalui infografik dengan Panaboard menjelaskan, bahwa hanya satu dari lima remaja dan satu dari 20 orang dewasa yang mengatakan Twitter dan Facebook berpengaruh tidak baik terhadap mereka. Sementara dua pertiga dari semua responden mengatakan bahwa jejaring sosial membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri saat menggunakannya.

Lebih lanjut penelitian ini mengemukakan bahwa sebagian besar yang paling terkena dampak dari berbagai hal negatif yang terjadi di media sosial ini adalah remaja. Seperempat dari remaja mendapat masalah di sekolah karena apa yang mereka tulis di situs media sosial, berbanding 3% yang didapati oleh orang dewasa di tempat kerjanya. Sebanyak 13% remaja juga terlibat pertengkaran dengan anggota keluarganya karena media sosial ini, dibanding 11% kasus yang terjadi pada orang dewasa. Sementara kasus terputusnya hubungan pertemanan di kalangan remaja yang ditimbulkan karena menggunakan media sosial adalah sebesar 22% berbanding 15% di kalangan dewasa.

Artikel Dampak Sosial Media di Kalangan Masyarakat ini ditulis oleh seorang penulis tamu bernama Jasson Doranto, yang memiliki blog gukgukyaya.blogspot.com.

loading...
Dampak Sosial Media Di Kalangan Masyarakat | dawaihati | 4.5

9 responses to “Dampak Sosial Media Di Kalangan Masyarakat”

  1. […] jumlah tersebut, selain akan bertambahnya dampak sosial media di kalangan masyarakat seperti Jejaring Sosial Dapat Menyebabkan Anti Sosial, juga semakin menjadikan media sosial sebagai […]

  2. Mels says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai dampak sosial media di kalangan masyarakat, menurut saya artikel ini bisa menambah pengetahuan para pembaca.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai masyarakat yang bisa anda kunjungi di http://www.lpm.gunadarma.ac.id

  3. Dwi Wahyudi says:

    Tren pengguna socmed yang terus meningkat menjadi tantangan bagi para blogger untuk dapat terus mengupdate tulisannya. Akan tetapi tidak semua yang seperti itu, masih ada pula beberapa blogger yang ingin tampil eksis melalui tulisan2 diblognya. Salah satu diantaranya adalah saya, hehehe… Salam kenal dari Pontianak, tetap semangat… 🙂

  4. JomStadi says:

    sosial media itu bagus..terserah kita untuk memilih apa mau yang positif atau negatif..

  5. sosial media amat penting dalam menjenamakan blog…

  6. memang sangat banyak dampak sosmed buat masyarakat,,

  7. Jefry says:

    Mungkin remaja masih banyak yang labil sehingga sangat mudah terkena imbas negatif dari jejaring sosial. rasa2nya remaja2 kita lebih banyak yang terkena imbas buruk dari pada imbas positif..

  8. hybrid car says:

    Dampak yang paling terlihat dari yang saya amati adalah (terutama anak muda) mereka menjadi generasi yang amat narsis sampai tidak ada batasan antara sesuatu yang umum dan hal yang pribadi.

  9. nasphie says:

    dimana-mna memang perlu keseimbanga,,ngga ketinggalan jaman tapi juga punya batasan..:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply

Close