Dome of The Rock Ternyata Bukan Masjid Al Aqsa

Posted on

Dome of the rock

Semenjak awal sejarah Islam, Palestina dan kota Jerusalem khususnya, telah menjadi tempat suci bagi umat Islam. Di kota tua Jerusalem terdapat satu buah bangunan yang sangat indah, nama bangunan tersebut adalah Dome of The Rock atau Qubbat As Sakhrah (Kubah Batu).

Jujur saja, sebelumnya saya menyangka bahwa Dome of The Rock yang memiliki kubah berwarna keemasaan itu adalah kubah dari Masjid Al Aqsa. Namun ternyata sangkaan itu adalah salah.

Salah seorang sahabat blogger yang belum lama ini melakukan ziarah ke Palestina, dalam sebuah artikel di blognya yang berjudul “Masjid Al Aqsa bukan Dome of the rock” beliau mengatakan bahwa “Ramai yang keliru menyangka kubah berwarna emas ini sebagai kubah Masjid Al Aqsa. Dome of the rock bukanlah masjid tetapi ada dewan yang besar untuk solat sunat mengambil berkat”.

Ternyata bangunan Dome of The Rock ini masih berada satu komplek dengan Masjid Suci Al Aqsa, dan memang Al Aqsa dengan As Sakhrah adalah dua bangunan yang berbeda.

Kubah Shakhrah yang berwarna keemasan itu berada di tengah-tengah komplek Al Haram asy Syarif. Sedangkan Masjid Al Aqsa yang berkubah biru berada pada sisi tenggara Al Haram asy Syarif menghadap arah kiblat (kota Mekkah).

Beda, Dome of the rock dengan Masjid Al Aqsa

Sungguh beruntung sekali sahabat blogger saya yang satu ini, beliau bisa berziarah ke salah satu tempat suci umat Islam bersama keluarganya. Terlihat dari foto-foto perjalanan ziarah ke Palestina (yang merupakan ziarah pertama kali) yang beliau share di akun Instagram, ternyata banyak sekali tempat bersejarah lainnya yang berhasil beliau jejaki selain Masjid Al Aqsa.

Terbersit juga di hati ini keinginan untuk bisa menjejakan kaki di kota yang terdapat salah satu bangunan suci bersejarah terutama pada peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Apalagi dapat melaksanakan shalat disana, yang memiliki kelebihan 500 kali ganjaran dibanding di tempat lain. Kelebihan ganjaran shalat di Masjid Al Aqsa adalah yang ketiga terbanyak setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Subhaanallah…

9 thoughts on “Dome of The Rock Ternyata Bukan Masjid Al Aqsa

  1. Iya bener banget nih. Banyak yang keliru kalau dome of the rock adalah masjidil Aqsa
    Kita sebagai umat Islam perlu menyebarkan berita ini agar banyak yang tahu dan tidak salah anggap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *