Indonesia vs Laos Piala Suzuki AFF 2012

Posted on

Piala Suzuki AFF 2012

Pertandingan pertama di Grup B Piala Suzuki AFF 2012 akan diisi oleh laga Indonesia vs Laos dan selanjutnya Malaysia vs Singapura. Laga ini akan berlangsung pada Minggu 25 November 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Nama Indonesia di mata para suporternya pada Piala AFF 2010 sudah berlalu. Dua tahun setelah itu, sepakbola Indonesia mengalami banyak guncangan. Piala AFF 2012 ini pun dihelat ditengah guncangan yang masih melanda.

Adanya dualisme kompetisi dan serentetan kejadian tidak menyenangkan lainnya membuat pandangan miris dan stigma negatif kerap diarahkan ke tubuh “Skuad Garuda”.

Pertanyaannya dengan keadaan yang tidak menyenangkan itu, sejauh mana Indonesia bisa melangkah di Piala Suzuki AFF 2012 ini? Ini adalah tantangannya.

Namun pelatih Nil Maizar menyatakan optimistis dengan skuad yang dimilikinya. Dia tidak pernah mengeluhkan materi skuad yang dimilikinya yang tidak diisi nama-nama senior lantaran tak dilepas klub masing-masing. Sebaliknya, dia berusaha memaksimalkan siapa pun yang ada di dalamnya.

Timnas Indonesia kini masih memiliki Bambang Pamungkas di lini depan plus seorang gelandang senior bernama Elie Aiboy. Keduanya bakal bahu-membahu dengan para juniornya seperti Irfan Bachdim, Andik Vermansah, Vendry Mofu, hingga Wahyu Wijiastanto dan Endra Prasetya. Nama-nama itu masih ditambah wajah “asing” seperti Jhonny van Beukering dan Tonnie Cusell. Di bahu merekalah pertanyaan sejauh mana Indonesia akan melangkah itu dibebankan.

Mampukah Indonesia melewati hadangan pertama di fase grup melawan Laos? Kita nantikan saja. Yang jelas, dengan segala gegap gempita dua tahun silam, dan kerinduan untuk mengangkat trofi lagi, jawaban dari pertanyaan itu bisa jadi adalah “harus bisa”.

Di lain pihak, Laos yang nyaris membuat kejutan besar di laga perdana babak grup Piala AFF 2010. Tim berjuluk “Thim Xad” itu unggul atas Thailand hingga menit-menit akhir sebelum gol Sarayoot Chaikamdee membuat skor jadi imbang 2-2.

Meski di laga selanjutnya mereka dibantai Indonesia dan Malaysia, keberhasilan Laos mengimbangi Thailand menunjukkan bahwa mereka sudah mengalami kemajuan dibandingkan waktu-waktu sebelumnya, di mana mereka sering dijadikan lumbung gol tim lawan.

Laos lolos ke putaran final Piala Suzuki AFF 2012 dengan status runner-up babak kualifikasi. Tim yang dilatih Kokichi Kimura itu mengumpulkan tujuh poin dari empat laga dan sukses menyisihkan Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Di Piala Suzuki AFF 2012 ini, skuad Laos banyak diisi oleh pemain-pemain muda. Mereka juga masih akan mengandalkan beberapa muka lama seperti Ketsada Souksavanh, Saynakhonevieng Phommapanya, dan Visay Phaphouvanin.

Head to head Indonesia vs Laos :
4 Des 2010 : Indonesia 6 – 0 Laos (AFF)

5 Pertandingan Terakhir Indonesia :
17 Nov 2012 : Indonesia 0 – 0 Kamerun (UJI)
14 Nov 2012 : Indonesia 1 – 0 Timor Leste (UJI)
16 Okt 2012 : Vietnam 0 – 0 Indonesia (UJI)
26 Sep 2012 : Brunei 0 – 5 Indonesia (UJI)
15 Sep 2012 : Indonesia 0 – 0 Vietnam (UJI)

5 Pertandingan Terakhir Laos :
28 Okt 2012 : Laos 2 – 4 Turkmenistan (UJI)
26 Okt 2012 : Vietnam 4 – 0 Laos (UJI)
13 Okt 2012 : Laos 0 – 0 Myanmar (AFF)
11 Okt 2012 : Brunei 1 – 3 Laos (AFF)
9 Okt 2012 : Timor Leste 3 – 1 Laos (AFF)

Hasil Akhir Indonesia vs Laos : 2 – 2  (30′ (P) Khampheng Sayavutthi, 79′ Keoviengphet Liththideth – 43′ Raphael Maitimo, 89′ Fendry Mofu)

19 thoughts on “Indonesia vs Laos Piala Suzuki AFF 2012

  1. Dan hasil seri itu, juga harus dibayar mahal oleh pasukan Nil Maizar. Pasalnya, melawan Singapura, Rabu (28/11) timnas Indonesia hanya memiliki satu kiper, yakni Wahyu Tri Nugroho, tanpa kiper cadangan, karena Endra Prasetya telah mendapat kartu merah

    1. insya Allah kita doakan sama-sama…
      kalau theme ini, tinggal cari di google dengan kata kunci “tricks 2 reloaded”

  2. Bang dadan pasti salah seorang penyokong kuat pasukan indonesia… 😀 saya memang kurang minat untuk mengikuti perlawanan bola sepak, namun apabila ada acara-acara besar, akan ikuti keputusan pasukan pilihan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *