Indonesia vs Singapura Piala Suzuki AFF 2012

Posted on

Piala Suzuki AFF 2012

Indonesia vs Singapura merupakan partai pertama pada matchday 2 Grup B Piala Suzuki AFF 2012, dimana partai ini akan dilangsungkan pada 28 November 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Sedangkan partai kedua akan bertanding Laos vs Malaysia.

Indonesia susah payah mengamankan satu poin dalam laga perdana di AFF Suzuki Cup 2012 ketika menghadapi Laos dengan skor 2-2. Diwarnai dengan dua kartu merah, Laos sempat dua kali mengungguli Indonesia di masing-masing babak. Dua gol balasan Indonesia masing-masing dicetak oleh Raphael Maitimo dimenit 43 dan Vendry Mofu dimenit 89.

Hasil imbang tersebut membuat peluang Indonesia untuk lolos ke semi-final cukup berat. Mengingat tim berikutnya yang harus dihadapi adalah Singapura dan selanjutnya tuan rumah Malaysia.

Dalam laga menghadapi Singapura nanti, Indonesia hanya memiliki satu kiper yaitu Wahyu Tri Nugroho. Mengingat kiper timnas Indonesia, Endra Prasetya harus absen dalam satu pertandingan usai mendapatkan kartu merah secara langsung saat melawan Laos.

Untuk mengantisipasi krisis kiper, pelatih Nil Maizar akan mempersiapkan ‘pemain khusus’ untuk menjadi kiper cadangan apabila Wahyu Tri Nugroho, harus terpaksa menyudahi pertandingan lebih cepat baik itu akibat kartu merah ataupun cedera.

Salah satu dari pemain naturalisasi, Johny van Beukering, Tony Cussel dan Raphael Maitimo, yang memiliki postur cukup tinggi dapat dijadikan solusi sementara. Bahkan dikabarkan Bambang Pamungkas telah menyatakan kesediannya untuk menjadi kiper apabila memang dibutuhkan.

Selain itu saat meladeni Singapura, Nil Maizar mengakui telah mempelajari kekuatan The Lions, dan akan mengantisipasi kemunculan pemain lapis kedua mereka.

Pada laga ini, tidak ada pilihan lain bagi tim Garuda selain kemenangan demi membuka peluang untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

Singapura sendiri sukses melibas Malaysia 3-0 pada laga perdananya. Ketiga Gol tersebut dicetak oleh Shahril Ishak menit 32 dan 37 serta Aleksandar Duric menit ke 75.

Kemenangan ini berhasil mendudukkan Singapura di puncak klasemen sementara grup B dengan torehan poin 3.

Jika dibandingkan kompetitor lainnya di Grup B, Singapura menjadi tim paling sedikit membawa pemain belakang. Kelima pemain itu adalah Shaiful Esah, Safuwan Baharudin, Baihakki Khaizan, Daniel Bennett dan Irwan Shah.

Meskipun demikian hal tersebut tidak menjadikan Singapura lemah di lini pertahanan, bahkan sebaliknya pertahanan mereka kokoh saat menghancurkan Malaysia. Ini bukti pernyataan pelatih Radojko Avramovic, bahwa dia tidak merasa khawatir dengan minimnya jumlah pemain belakang karena Singapura merupakan tim yang agresif.

Melawan Indonesia, The Lions akan mewaspadai kebangkitan tim Garuda, “Indonesia pasti akan menghadirkan perlawanan keras karena sebuah tim yang pernah tertinggal dua kali dan terhindar dari kekalahan bukan lawan yang mudah untuk ditundukkan,” tutur Avramovic.

Head to head Indonesia vs Singapura :
4 Nov 2009 : Singapura 3 – 1 Indonesia (UJI)
9 Des 2008 : Indonesia 0 – 2 Singapura (Piala AFF)

5 Pertandingan Terakhir Indonesia :
25 Nov 2012 : Indonesia 2 – 2 Laos (Piala AFF)
17 Nov 2012 : Indonesia 0 – 0 Kamerun (UJI)
14 Nov 2012 : Indonesia 1 – 0 Timor Leste (UJI)
16 Okt 2012 : Vietnam 0 – 0 Indonesia (UJI)
26 Sep 2012 : Brunei 0 – 5 Indonesia (UJI)

5 Pertandingan Terakhir Singapura :
25 Nov 2012 : Malaysia 0 – 3 Singapura (Piala AFF)
19 Nov 2012 : Singapura 4 – 0 Pakistan (UJI)
15 Nov 2012 : Filipina 1 – 0 Singapura (UJI)
16 Okt 2012 : Singapura 2 – 0 India (UJI)
11 Sep 2012 : Myanmar 1 – 1 Singapura (UJI)

Hasil Akhir Indonesia vs Singapura : 1 – 0  (88′ Andik Vermansyah)

7 thoughts on “Indonesia vs Singapura Piala Suzuki AFF 2012

  1. Indonesia memiliki tiga pemain naturalisasi asal Belanda yakni, Johnny Van Beukering, Tonnie Cussel, dan Raphael Maitimo. Sedangkan, Singapura memiliki lima pemain naturalisasi adalah, Daniel Bennet (Inggris), Shi Jiayi (China), Mustafic Fahrudin (Yugoslavia), Qui Li (China), dan Aleksandar Duric (Bosnia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *