Ini Dia Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

Posted on

Memiliki kulkas pasti jadi keuntungan tersendiri bagi kita, karena selain lebih mudah untuk menyimpan bahan makanan, kita juga bisa menjaga agar bahan makanan yang sudah kita beli agar awet lebih lama dan tetap segar. Bahkan, karena kebanyakan belanja bahan makanan segar, kulkas dirumah jadi berantakan, penuh, dan wah gak enak dilihat deh! Pernah gak sih berandai-andai gimana caranya menyimpan sekaligus menata makanan di kulkas sehingga lebih apik, dan makanan yang kita simpan juga jadi lebih awet? Yuk simak beberapa tips berikut ini.

cara tepat menyimpan makanan di kulkas

1. Menyimpan sayuran
Sayuran? Bukannya sudah ada laci khusus menyimpan sayuran ya? Kan tinggal dimasukkan saja? Supaya sayuran yang disimpan bisa lebih awet, segar dan tahan lama, kita bisa mulai mencuci sayuran dengan bersih sebelum menyimpannya. Setelah dicuci bersih, jangan lupa dikeringkan agar air yang masih mengalir dari sayuran tidak mengotori kulkas. Jangan lupa untuk menyimpan sayuran di wadah kedap udara agar sayuran lebih terjaga kesegarannya. Setelah itu, baru deh bisa disimpan di laci khusus sayuran yang biasanya terdapat di kulkas. Dan, tidak semua sayuran bisa disimpan di kulkas lho. Contohnya nih, tomat. Tomat malah menjadi lembek jika disimpan di kulkas. Selain tomat, kentang juga sebaiknya tidak disimpan di kulkas, karena bisa merubah zat tepung di kentang menjadi zat gula. Satu tips yang bisa banget diikutin dalam menyimpan sayuran adalah dengan simpan setiap jenis sayuran dalam wadah yang berbeda-beda.

2. Menyimpan buah
Wah, ini sih gampang banget! Tidak seperti sayuran, kita boleh menyimpan buah-buahan tanpa harus mencucinya dulu. Letakkan buah-buahan di rak terbuka karena buah-buahan cenderung membutuhkan kelembaban rendah agar lebih awet. Sebaiknya, simpan buah seperti apel di dalam plastik berlubang ya. Tak hanya itu, buah-buahan seperti pisang, alpukat, jeruk dan melon tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

3. Daging dan telur
Untuk telur, kamu bisa menyusunnya di rak khusus telur yang pasti tersedia di kulkas dengan terlebih dulu dicuci agar kotorannya tidak menempel dan simpan dengan bagian yang kecil berada di bawa. Nah, untuk daging, ikan dan unggas, kamu harus mencucinya dengan bersih terlebih dahulu. Setelah itu letakkan di wadah kedap udara atau plastik pembungkus agar tidak mudah terpapar bakteri. Letakkan daging, unggas dan ikan di bagian paling bawah kulkas karena biasanya bagian paling bawah adalah bagian paling dingin dan agar air yang menetes tidak mengotori bahan makanan lain dan akhirnya merusak bahan makanan tersebut. Kita boleh menyimpan daging, ikan dan unggas di freezer selama disimpan dalam wadah tertutup

4. Makanan lainnya
Masakan semalam gak habis? Tenang, jangan dibuang. Bisa kamu simpan di kulkas lho. Jangan lupa simpan makanan sisa dalam wadah tertutup dan tahan bocor ya, agar tidak mudah terpapar bakteri. Selain itu, jauhkan makanan sisa dari bahan makanan yang memiliki aroma tajam, agar tidak mencemari aroma makanan sisa yang kamu punya. Susu pun harus disimpan di kulkas, dan jauhkan dari makanan dengan aroma tajam, karena susu mudah menyerap bau dan rasa. Sebelum menyimpan keju di kulkas, bungkus keju dengan plastik terlebih dahulu agar keju tetap kering.

Wah, ternyata gampang banget ya, menyimpan makanan di kulkas. Jangan sampai kulkas kamu kepenuhan ya, agar kulkas tidak cepat rusak dan bahan makanan lainnya jadi cepat membusuk. Disarankan banget nih, kamu memiliki kulkas 2 pintu karena daya tampungnya yang cukup besar dan bagian freezer yang terpisah.

Jadi makin praktis kan dengan kulkas 2 pintu? Kamu butuh kulkas baru? Jangan pusing dulu! Sekarang, kamu bisa menemukan beragam pilihan kulkas 2 pintu dengan fitur yang kamu butuhkan di ES.id. Selain gampang banget nyari produk kulkas 2 pintu yang bisa kamu pilih saat itu juga, ES.id juga punya sistem pembayaran yang mudah banget dan fleksibel. Yang pasti, harga kulkas 2 pintu incaran kamu pasti sesuai sama kantong kamu deh. Keren kan? Yuk langsung belanja kulkas 2 pintu di ES.id dan dapatkan semua kemudahan berbelanja elektronik secara online cuma di ES.id! Klik disini.

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *