Jika Anak Demam Anda Jangan Panik, Ini 7 Cara Mengobatinya!

Posted on

Demam pada dasarnya merupakan sebuah gejala tubuh tengah terserang oleh virus atau bakteri, hampir semua jenis penyakit yang menyerang tubuh pasti akan disertai dengan sebuah gejala yaitu peningkatan suhu badan atau demam. Tak hanya pada orang dewasa, melainkan hal ini justru jauh lebih rentan menyerang anak-anak, karena dibandingkan dengan orang dewasa memang sistem kekebalan tubuh pada anak-anak jauh lebih lemah, jadi penyakit akan lebih cepat menyerangnya.

cara mengobati anak demam

Ketika anak sudah mengalami demam pastinya para orang tua yang akan kebingungan dalam melakukan pengobatan, apalagi dalam beberapa kondisi tertentu ada anak yang masih belum bisa mengkonsumsi obat-obatan untuk turunkan panas mereka, namun jangan khawatir, berikut ini diantaranya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengobati demam pada anak dan menurunkan panas atau suhu badan buah hati tersebut, diantaranya adalah:

  1. Kompres menggunakan air hangat, salah satu cara termudah yang dapat dipakai untuk menurunkan suhu tubuh si kecil adalah dengan mengompres menggunakan air hangat, kesalahan yang sering dilakukan orang tua justru memakai air es atau air dingin untuk turunkan suhu badannya, padahal ini semakin meningkatkan suhu tubuh mereka. Kompres mereka dengan memakai handuk bersih, lakukan secara teratur sampai suhu tubuh mereka berangsur-angsur turun dari sebelumnya.
  2. Mandikan dengan air hangat, untuk memandikan si kecil yang terkena demam hendaknya juga jangan memakai air dingin, melainkan menggunakan air hangat, karena suhu air yang tinggi membantu untuk mendinginkan atau menormalkan suhu tubuh si kecil yang tengah demam. Juga mencegah buah hati semakin menggigil, karena pada dasarnya ketika suhu badan mereka tinggi tubuh justru merasakan kedinginan.
  3. Pakaikan mereka pakaian yang hangat, agar panas segera keluar dari tubuh si kecil salah satu caranya adalah dengan membuat buah hati berkeringat, yaitu dengan mengenakan pakaian yang tebal dan juga hangat, jika perlu maka pakaikan pakaian yang bertumpuk, agar mereka merasa lebih nyaman dan bisa berkeringat.
  4. Pastikan si kecil banyak minum air putih, ini digunakan untuk mencegah dehidrasi dan juga sangat efektif dalam membantu mengeluarkan suhu panas dari dalam tubuh mereka. Hindarkan juga minuman kalengan atau mungkin ice cream yang paling disukai oleh si kecil.
  5. Buatkan susu hangat, lebih baik menggunakan produk susu murni dibandingkan dengan susu kalengan yang banyak dijual di pasaran, karena kandungan proteinnya lebih tinggi dan pastinya juga susu murni tak mengandung gula sama sekali di dalamnya. Dengan memperbanyak asupan protein dapat memulihkan anak-anak dari serangan virus atau bakteri, termasuk yang menyebabkan terjadinya demam.
  6. Berikan mereka makanan yang bergizi, tak kalah penting juga mencukupi asupan nutrisi si kecil dengan menu makanan yang bergizi, dengan mencukupi kebutuhan gizinya maka membantu mempercepat proses pemulihan.
  7. Berikan paracetamol, sekarang ini ada banyak sekali bentuk-bentuk produk obat penurun panas yang cocok untuk anak-anak, tak hanya dalam bentuk tablet saja, melainkan juga dalam bentuk sirup dengan berbagai pilihan rasa, tentunya akan kian mudah memberikan obat tersebut pada mereka.

Jika semua langkah tersebut sudah dicoba, namun ternyata tak kunjung membaik, justru demam disertai dengan beberapa gejala lainnya, bisa jadi ada indikasi penyakit yang berbahaya menyerang si kecil, ada baiknya untuk segera dibawa berobat ke dokter, agar penyakit tak bertambah parah.

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

One thought on “Jika Anak Demam Anda Jangan Panik, Ini 7 Cara Mengobatinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.