Kenali Alergi, Jangan Keliru Dengan Diagnosa!

Posted on

Masalah kesehatan seperti alergi adalah masalah yang sebenarnya sering dialami banyak orang, tapi mungkin jarang yang menyadarinya. Alergi ini sendiri biasanya sering terjadi pada anak, meski tak jarang juga yang mendapatkannya ketika sudah dewasa. Namun saat anak-anak mengalami gejala alergi, banyak orang tua yang ternyata belum tahu bahwa anaknya alergi dan bukannya sakit biasa. Maka mulailah kenali alergi dari sekarang!

Alergi terjadi ketika sistem imunitas tubuh bereaksi terhadap substansi yang sebenarnya tak berbahaya masuk ke tubuh. Seharusnya, sistem imunitas ini menjalankan tugasnya dengan benar, dan hanya bereaksi jika makanan atau minuman yang masuk tersebut memang berbahaya. Tapi ada kalanya sistem kekebalan tubuh ini tidak bekerja dengan sempurna, dan membuat tubuh bereaksi berlebihan. Sebagai akibatnya anak maupun orang dewasa mengalami gejala alergi.

kenali gejala alergi

Di antara sekian banyak gejala alergi tersebut, ada beberapa di antaranya yang sering keliru disangka penyakit lain. Makanya, waspadai ini:

1. Colic
Banyak anak mengalami colic. Akhirnya, banyak yang sering mengartikannya sebagai sekedar kurang minum atau pun lapar.

2. Berat badan yang susah naik ditambah batuk
Biasanya dikira sebagai penyakit TBC maupun flek paru-paru, padahal bisa jadi penyebabnya tak separah itu, namun karena alergi.

3. Sulit BAB
Dianggap karena kurang makan sayuran, air putih, maupun buah. Padahal, kalau ini terjadi pada anak bisa jadi karena dia alergi terhadap susu maupun makanan lain. Coba berikan dia susu non-sapi seperti Susu SGM Soya, dan lihat hasilnya.

4. Napas yang berbunyi pada bayi
Sering keliru dianggap bahwa karena adanya lendir yang harus disedot pada paru-paru. Padahal ini dipicu oleh alergi.

5. Mata bintitan
Dianggap terjadi karena infeksi yang harus diberikan antibiotik, padahal ketika alergi dikendalikan, mata langsung membaik.

Selain itu masih ada lagi masalah alergi anak nyeri perut, gangguan pada kulit (terutama di sekitar pipi dan mulut), mimisan, sering lebam, dan masih banyak lagi. Ini semua kadang dianggap sebagai tanda dari penyakit yang serius, atau sebaliknya, hanya gangguan kesehatan yang biasa dialami anak dan dianggap normal. Padahal, semua itu adalah gejala dari alergi. Jadi, anda harus mengenal macam penyakit alergi lebih lanjut agar tak keliru!

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *