Liburan di Jember? Jangan Lewatkan Pantai Cantik Berpasir Putih Ini!

Posted on

Tidak harus ke Raja Ampat atau Bali untuk bisa menikmati pantai berpasir putih yang cantik. Anda dapat menemukan pantai yang indah di Jember, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Pantai Papuma namanya; singkatan dari Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai berpasir putih ini merupakan salah satu pantai tercantik di Pulau Jawa yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pantai Papuma terletak sekitar 45 kilometer ke arah selatan dari pusat Kabupaten Jember, tepatnya di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Pantai ini relatif masih baru dibuka sebagai tempat wisata, tetapi jalan menuju pantai sudah beraspal dan mudah dilalui.

Pesona Pantai Papuma

pesona pantai papuma
Source – wikipedia

Begitu Anda sampai di Pantai Papuma, Anda akan disambut oleh pemandangan yang menakjubkan. Hamparan pasir putih pantai ini bertemu dengan air laut yang jernih. Dari kejauhan, Anda akan melihat kombinasi pasir putih dan air laut yang biru. Sepanjang pantai, terdapat pepohonan rimbun yang menambah keindahan panorama Pantai Papuma.

Ciri khas dari Pantai Papuma adalah keberadaan batu-batu malikan di laut, tak jauh dari bibir pantai. Enam batu besar pun diberi nama oleh penduduk setempat, yaitu: Pulau Batara Guru, Kresna, Narada, Barong, Kajang, dan Kodok.

Batu yang terbesar dan mudah dikenali adalah Pulau Kajang yang memiliki ketinggian lima puluh meter di atas permukaan laut. Batu-batu tersebut tidak boleh didekati secara langsung oleh pengunjung, tetapi dapat dijadikan latar belakang foto Anda.

Sunset Pantai Papuma

sunset pantai papuma
Source – wikipedia

Selain pemandangan alamnya, Pantai Papuma terkenal dengan pemandangan sunset atau matahari tenggelamnya. Cara terbaik untuk mengamati matahari tenggelam di pantai ini adalah dengan menaiki Bukit Siti Hinggil yang terletak dekat pantai.

Untuk menaiki Bukit Siti Hinggil, Anda perlu berjalan kaki melalui jalan setapak dan anak tangga. Anda harus berhati-hati saat naik karena di sebelah jalan tersebut juga terdapat jurang. Memang ada pagar pembatas, tetapi Anda tetap harus berhati-hati. Gunakan sepatu atau sandal yang tidak licin untuk naik ke bukit ini.

Kalau Anda ingin menyaksikan matahari terbenam, Anda sudah harus sampai ke puncak bukit ini sebelum pukul 17.00. Biasanya, langit sudah mulai memerah mulai pukul 17.15. Anda tentunya boleh dating lebih awal. Di puncak bukit ini terdapat pendopo yang bias Anda gunakan untuk duduk-duduk dan menikmati pemandangan Pantai Papuma sembari menunggu matahari terbenam.

Larung Sesajen; Budaya Masyarakat

larung sesajen pantai papuma
Source – telusuri indonesia

Tak hanya memiliki panorama indah, Pantai Papuma juga masih memiliki nilai-nilai budaya bagi masyarakat setempat. Di pantai ini, masih terdapat kapal-kapal kecil milik nelayan. Para nelayan pergi mencari ikan di pantai dengan ombak tinggi ini. Anda pun dapat melihat dan membeli ikan segar hasil tangkapan mereka.

Pada setiap bulan Suro—bulan dalam kalender Jawa—masyarakat setempat melaksanakan ritual larung sesajen. Aneka sesajen akan dilarungkan ke laut sebagai bentuk rasa syukur dan doa. Wisatawan dapat mengambil foto prosesi acara yang hanya dilakukan setahun sekali ini.

Nah, itu dia informasi menarik tentang Pantai Papuma. Kalau Anda tertarik berlibur ke pantai cantik ini, Anda dapat menggunakan kereta api dari daerah Anda menuju Stasiun Jember. Untuk melihat ongkos kereta api ke Jember yang perlu Anda keluarkan, Anda dapat mengecek harga di Traveloka, atau lihat di sini.

Untuk merencanakan biaya liburan Anda ke Jember, khususnya Pantai Papuma, Anda tidak hanya membutuhkan biaya untuk membeli tiket kereta api, tetapi juga biaya masuk ke pantai dan biaya transportasi dalam kota. Biaya masuk per orang adalah Rp5.000 pada hari biasa atau Rp7.000 pada hari libur.

Dari Stasiun Jember ke Pantai Papuma, Anda dapat menggunakan taksi atau ojek. Jika menggunakan taksi, Anda perlu mengeluarkan biaya sampai Rp150.000, sedangkan jika menggunakan ojek, Anda perlu membayar Rp30.000 atau lebih.

Pada awal tahun 2017, sudah mulai dioperasikan bus perintis yang direncanakan akan membawa penumpang dari stasiun dan terminal Jember ke tempat-tempat wisata Jember, termasuk Pantai Papuma. Angkutan kota ini diharapkan akan lebih murah dari pada taksi dan ojek.

Soal penginapan, Anda tak perlu khawatir. Kalau Anda membuka situs internet seperti Traveloka, Anda akan tahu ada banyak pilihan hotel di Jember dengan berbagai pilihan tarif per malam.

Incoming search terms:

apa perbedaan kompresor portable dan yang biasa
Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *