Malas Pangkal Penderitaan

Posted on

Malas adalah pangkal dari segala penderitaan. Malas ibadah, malas belajar, malas berikhtiar itu adalah pangkal penyakit, pangkal kebodohan, pangkal kemiskinan, pangkal kemunduran, pangkal minder, pangkal kekalahan, dan pangkal kehinaan.

Malas Pangkal Penderitaan

Alloh Subhaanahu wata’ala memberikan tanda bagi orang munafik “qoomuu kusaalaa” malas ibadah, terutama sholat (QS An Nisa:142).

Karena itu Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada kita sebuah do’a agar terhindar dari malas, “Allahumma innii a’udzubika minal azji wal kasali”, Yaa Alloh hamba mohon perlindunganMu dari lemah fisik dan malas.

“Dan mereka yang sungguh-sungguh mendekatkan diri mereka di jalan Kami, niscaya Kami tunjukkan jalan-jalan meraih hidayah kami” (QS Al Ankabut :69).

Rosululloh mengingatkan kita, Sesungguhnya Alloh mencintai orang beriman “Almutaharik” yang memiliki SEMANGAT KERJA dan SEMANGAT DAKWAH.

Sebuah mutiara hikmah mengatakan, “Man jadda wajada”, siapa yang sungguh-sungguh pasti dapat. Strong desire makes miracle, insya Alloh…

Maka dari itu, jangan tunggu sampai kiamat terjadi. Ayo bangun, ayo semangat…! Waktu terus berjalan, hidup hanya sebentar, ayoooo…!!

8 thoughts on “Malas Pangkal Penderitaan

  1. kalau rasa malas telah menjangkiti padahal badan masih mampu untuk melakukannya berarti kita sudah terlena dengan syetan…
    terus semangat jangan sampai kita terkalahkan oleh malas sebab malas adalah bagian dari rekayasa syetan .. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *