Mengapa Orang Beriman Sangat Bahagia Hidupnya?

Posted on

Setiap orang tentu mendambakan hidup bahagia, baik secara lahiriah maupun batiniah. Bahkan kita orang Islam, kebahagiaan yang diinginkan itu bukan hanya di dunia, tapi sampai ke akhirat kelak.

Hanya orang-orang beriman yang hidupnya sangat bahagia di dunia dan akhirat. Lantas, mengapa orang beriman sangat bahagia hidupnya? Jawabannya bisa kita temukan di dalam Al-Quran.

orang beriman hidup bahagia

Mengapa orang beriman sangat bahagia hidupnya?

  1. Karena visi misi hidupnya di dunia yang sebentar ini sangat jelas arah tujuannya yaitu ingin sekali ridho Alloh, tidak geer karena pujian, tidak sakit hati karena hinaan, tidak minder karena keadaan, tidak mudah menyerah menghadapi ujian hidup (QS. Al-Bayyinah : 5)
  2. Karena “al iimaan al amnu”, iman kepada Alloh itu membuat hidupnya tenang, damai, aman dan bahagia sekali (QS. al-An’am : 82)
  3. Karena tidak ada yang ditakutinya selain Alloh (QS. Al-Baqoroh : 150), sungguh hidup yang takut kepada selain Alloh menjadi gelisah dan sangat rapuh. Dari stress depresi, post power sindrome sampai psikosis bisa bunuh diri
  4. Karena ia serius taat, tidak maksiat (QS. Yunus : 62). Sungguh maksiat itu hanya mengundang sial
  5. Karena selalu baik sangka, tidak berprasangka buruk, tidak ada dengki dan tidak suka mencari aib orang lain, justru ia sibuk dan asyik muhasabah diri (QS. Al-Hujarat : 12)
  6. Karena keinginannya yang kuat untuk bahagia di akhirat itulah yang membuatnya sibuk dengan ibadah, amal sholeh, kemuliaan akhlak dan semangat dalam perbaikan dan kebaikan (QS. Al-Ankabut : 69)
  7. Karena tawakkalnya yang kuat kepada Alloh sehingga ia pun dalam perlindungan Alloh (QS. Ath-Tholaq : 3).

Subhanalloh…pantaslah Rosululloh yang mulia menyebut orang beriman itu “ASSAIID” orang yang paling bahagia dan paling tenang dari goncangan dunia.

Semoga hati kita semua ditetapkan oleh Alloh Yang Menguasai setiap hati dan keadaan, dalam kenikmatan iman kepada-Nya dan kelezatan istiqomah di jalan-Nya…aamiin.

7 thoughts on “Mengapa Orang Beriman Sangat Bahagia Hidupnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *