Menghasilkan Uang Melalui Blog

Posted on

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

Pada awalnya blog hanyalah sebagai diary online untuk menyalurkan ide, kreasi, pendapat, pengalaman dan lain sebagainya. Namun seiring dengan perkembangannya, kini banyak blogger yang telah dapat menghasilkan uang melalui blog mereka. Bahkan diantara mereka telah menjadikan blognya sebagai lahan bisnis dan sumber pemasukan utama, mereka inilah yang disebut blogger full time.

Untuk menghasilkan uang melalui blog tidaklah segampang yang dibayangkan. Setelah membuat blog lalu bisa langsung menghasilkan uang. Tidak! Tidak begitu!! Namun yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membangun, mengembangkan dan merawat blog sehingga menjadi sebuah blog yang besar yang memiliki banyak pembaca. Tentunya hal tersebut sangat membutuhkan waktu, ketekunan, kesabaran dan konsistensi dari sang pemilik blog itu sendiri.

Jika blog sudah dikenal banyak orang yang ditandai dengan trafik tinggi atau ramai oleh pengunjung, maka itulah saatnya untuk mulai menjadikan blog sebagai mesin penghasil uang.

Memang tidak gampang, tapi mendapatkan penghasilan dari blog bukanlah hal yang tidak mungkin meskipun hanya bermodalkan platform blog gratisan. Asalkan kita mau kerja keras dan konsisten dalam ngeblog.

Contohnya Linda Ikeji, seorang blogger asal Nigeria yang sukses mendapatkan penghasilan cukup besar dari blog gratisan dengan bermodalkan konsistensi. Lalu ada Arianna Huffington, pemilik blog The Huffington Post yang penghasilannya mencapai 8 miliar per bulan. Ada lagi Denaihati yang merupakan salah satu blogger sahabat saya dari negeri jiran Malaysia, blog denaihati.com termasuk top 10 blog Malaysia dengan setumpuk penghargaan yang telah diraihnya dan tentunya pula penghasilan yang cukup besar. Sedangkan dari Indonesia sendiri sebetulnya banyak blogger yang sudah sukses, satu diantaranya adalah Eka Lesmana, seorang mantan tukang Angon Bebek yang kini sukses dengan penghasilan ratusan juta rupiah hanya dari blog. Sahabat bisa menyimak kisah beliau melalui video di bawah ini.

Lalu, bagaimana dengan saya? Alhamdulillah setelah 3 tahun terjun ke dunia blogging, sedikit demi sedikit saya mulai bisa merasakan manisnya penghasilan dari blog. Walaupun tak sebesar seperti yang telah didapatkan beliau-beliau yang disebutkan di atas tadi.

Nah selanjutnya sekarang bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog tersebut?

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

Banyak sekali cara untuk menghasilkan uang melalui blog, diantaranya ada beberapa cara yang paling populer untuk menghasilkan uang melalui blog, seperti :

1. Jaringan Periklanan
Mengikuti program jaringan periklanan atau Advertising Networks merupakan cara paling populer yang banyak digunakan blogger untuk menghasilkan uang melalui blog.

Cara ini terbilang gampang, cukup dengan mendaftar sebagai publisher lalu menunggu disetujui, setelah disetujui kita hanya perlu meletakan sebuah script atau kode ke dalam blog kita untuk menampilkan iklan secara otomatis.

Kita akan dibayar setiap kali ada orang yang mengeklik iklan di blog kita, atau yang dikenal dengan sebutan PPC (Pay Per Click).

Diantara Advertising Networks yang paling populer adalah:

2. Jual Ruang Iklan di Blog
Selain melalui Advertising Networks, kita juga bisa menawarkan ruang iklan di blog kita secara langsung kepada siapa saja yang tertarik untuk beriklan di blog kita.

Kelebihan cara ini adalah penghasilan yang kita dapatkan akan lebih pasti, karena kita sendiri yang akan menentukan harganya.

3. Jual Produk Sendiri
Jika kita memiliki produk sendiri baik itu berupa produk fisik ( kelom geulis, contohnya) atau digital, kita dapat menjualnya melalui blog. Cara ini identik dengan nama atau menggunakan toko online.

4. Jual Jasa
Menjual jasa juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghasilkan uang dari blog. Jika jago dalam menulis, maka kita bisa mencoba menjual jasa penulisan artikel. Jika kita mempunyai keahlian dalam melukis atau menggambar karikatur, maka bisa menjual jasa melukis karikatur, atau jika ahli di bidang desain web, maka bisa juga menjual jasa desain web. Masih banyak jasa-jasa lain yang bisa kita jual atau tawarkan melalui blog.

5. Mengikuti Program Afiliasi
Afiliasi adalah cara menghasilkan uang melalui blog dengan membantu menjual produk milik orang lain, perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan akan dibayar setelah produk tersebut terjual.

6. Mengikuti Kontes Blog
Cara ini memang tak selalu menghasilkan uang. Kalau menang kontes, ya dapat uang atau hadiah lainnya. Kalau kalah, setidaknya blog kita dapat dikenal orang lain minimal oleh sesama peserta kontes yang bisa jadi mereka akan berkunjung ke blog kita.

Diantara sahabat blogger tentu ada yang sudah tidak asing lagi malah sudah melakukan cara menghasilkan uang melalui blog seperti yang saya tulis di atas. Bahkan mungkin memiliki atau menggunakan cara yang lain. Karena itu, jika berkenan sahabat boleh menambahkan cara menghasilkan uang melalui blog lainnya di kotak komentar. Terima kasih.

21 thoughts on “Menghasilkan Uang Melalui Blog

  1. Ternyata cara menghasilkan uang melalui blog teramat banyak, kita tinggal memilih mana yang terbaik buat blog kita
    terima kasih ilmunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *