Menikmati Wahana Wisata Icakan Bersama Keluarga

Seharusnya perjalanan wisata bersama keluarga ini saya publish pada hari Senin kemarin. Namun karena kesehatan saya sedikit terganggu dan memaksa harus istirahat dulu selama tiga hari, maka baru bisa sekarang cerita ini dipublish.

Wisata kali ini tentu sangat berbeda dengan sebelumnya dimana saya hanya pergi sendirian untuk melihat Pesona Kawah Galunggung atau merasakan Berjamaah di Masjid Istiqlal, tapi sekarang saya pergi bersama istri dan anak-anak. Wisata ini pun merupakan hadiah buat anak-anak yang telah menempuh ujian sekolah dengan hasil yang sangat baik.

Lokasi wisata yang kami pilih yakni Wahana Wisata Icakan atau disebut juga Mega Wisata Icakan, sebuah area wisata keluarga baru bagi masyarakat yang berada di wilayah Priangan Timur, tepatnya di Dusun Cikacang Desa Sukamulya Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Lokasinya tidak jauh atau cukup dekat dari pusat kota Ciamis.

Kami berangkat beserta rombongan PAUD Al-Muhajirin yang sama-sama akan pergi ke Icakan. Rombongan sengaja berangkat pagi-pagi sekitar pukul 06.00 WIB, karena ingin sampai paling dulu dari pengunjung yang lain dan juga perjalanan kami dari Tasikmalaya ke lokasi Wahana Wisata Icakan Ciamis memang cukup jauh, kira-kira memakan waktu kurang lebih 2,5 jam.

Perjalanan kami awali dari Tasikmalaya menuju Kota Ciamis. Setelah sampai di alun-alun Ciamis, belok kiri ke arah jalan menuju Kawali/Cirebon. Setelah hampir 3 km, kemudian sampai ke Universitas Galuh (UNIGAL) yang sering dijadikan patokan untuk menuju lokasi wisata Icakan. Dari sana, kami berbelok ke arah kiri memasuki jalan desa.

Tidak kurang 5 km jalan desa yang harus kami lalui, jalanan yang sempit berkelok-kelok dan sedikit terjal (karena aspalnya tidak mulus) serta terus menanjak memang sedikit tidak nyaman bagi yang belum terbiasa.

Tapi, seiring kondisi tersebut kami pun disuguhi pemandangan yang menyejukan. Pemandangan hijau di kiri-kanan jalan, hutan-hutan kecil dan bahkan hamparan lembah dan pesawahan hijau membuat mata dan pikiran segar. Kami seolah diajak memasuki hutan, menaiki dan menuruni bukit dan bahkan gunung sebelum sampai di lokasi.

Beberapa ratus meter menjelang sampai ke lokasi, jalanan terus menanjak tanpa jeda. Namun selepas itu, sebuah lembah indah terpampang dihadapan kami, ya itu dia WAHANA WISATA ‘the wonderful’ ICAKAN. Rombongan pun segera masuk pintu gerbang dan membayar tiket Rp. 5.000 per orang.

Selamat Datang di Wahana Wisata Icakan

Ternyata, Wahana Wisata Icakan adalah sebuah lembah yang ditata dan dibangun begitu apik sehingga menghasilkan pemandangan hijau yang sangat memanjakan mata. Dari area parkir yang cukup luas kita bisa melihat keseluruhan lokasi wisata. Di seberang di atas bukit kecil terlihat sebuah mesjid yang berdiri indah dan sejuk dengan hamparan rumput di sekeliling bak karpet alam yang menyelimuti bukit.

Mesjid Wahana Wisata Icakan

Di antara area parkir dan bukit di mana mesjid itu berada, sebuah danau yang membentang luas. Beberapa sepeda air berbentuk binatang sudah berada di tepian danau, tentunya disediakan untuk pengunjung yang ingin bersepeda air mengelilingi keindahan danau dan sekitarnya.

Danau Wahana Wisata Icakan

Dari area parkir kami beserta rombongan bergegas menuju lokasi di sebelah kanan mesjid yang terdapat gazebo atau saung-saung gratis untuk istirahat dan sarapan. Disana pun terdapat beberapa patung binatang seperti rusa dan jerapah yang bisa dinaiki oleh anak-anak. Setelah istirahat dan sarapan, anak-anak sudah tidak sabar ingin segera bermain terutama berwisata air yang disediakan. Panitia rombongan pun mempersilahkan setiap keluarga atau peserta wisata untuk memilih permainan yang disediakan sesuai dengan keinginan dan paling penting disesuaikan dengan keuangan masing-masing, karena setiap permainan akan dikenakan biaya tambahan lagi. Beberapa permainan yang tersedia disana adalah kolam ombak (sudah termasuk kolam biasa sedalam 50 cm yang dilengkapi fasilitas bermain anak seperti beberapa perosotan pendek dan tinggi juga ember tumpah), sepeda air, berkuda, roller coaster dan flying fox.

Daftar Harga Tiket Mega Wisata Icakan

Karena keceriaan kami di Wahana Wisata Icakan akan terlalu panjang jika diceritakan semuanya, jadi selanjutnya saya hanya bisa berbagi lewat beberapa foto berikut ini.

Harapan saya sekeluarga, semoga di tahun depan bisa pergi ke tempat-tempat wisata menarik lainnya bersama-sama.

Comments

  1. says

    Tahniah buat Bang Dadan dpt membawa keluarga melawat tempat menarik di Wahana Wisata. Pastinya tempatnya amat indah permai dan menarik utk dikunjungi. Semoga bergembira bersama keluarga di sana.

    #NOTA: Nampaknya theme bro dan sama seakan sama je.. memang menarik. Saya guna blogspot dan Bang Dadan pastinya wordpress theme kan?
    Artikel terbaru Kamil Salleh…Template Baru Untuk Tahun Baru 2014My Profile

  2. says

    Lokasi wisata icakan sangat menarik sekali,tempatnya indah dan dapat memberikan kesan yangs angat menarik. Apalagi bila obyek wisata ini di kunjungi bersama keluarga dan para sahabat.

    Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge