Menu Takjil Ramadhan Khas Bandung

Posted on

Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang memiliki menu masakan khas bulan Ramadhan, begitu juga dengan Kota Bandung. Bandung yang terkenal dengan wisata kuliner, tak henti-hentinya berkreasi seputar kuliner penggoyang lidah, termasuk takjil yang merupakan makanan pembuka puasa di bulan Ramadhan.

Berikut ini beberapa menu takjil Ramadhan khas Bandung selain kolak atau kurma.

Surabi

surabi bandung

Makanan sejenis pancake mini ala Bandung ini cocok dinikmati saat takjil. Surabi terdiri atas dua jenis yaitu manis (dengan siraman saus gula merah) dan asin (dengan toping oncom). Jika khawatir perut anda belum siap menerima makanan pedas, tentunya surabi dengan rasa manislah yang disarankan. Belakangan, bermunculan juga surabi dengan aneka toping dan saus yang modern, seperti keju, stroberi, dan lain-lain. Untuk urusan kesehatan, Anda tak perlu khawatir. Makanan yang dipanggang di atas tungku ini terbuat dari tepung beras yang kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral. Anda pun akan semakin bertenaga dalam menjalankan ibadah shalat tarawih usai melahapnya.

Colenak

colenak
Colenak, nama unik makanan ini merupakan akronim dari β€˜dicocol enak’. Sesuai dengan namanya, colenak, dicocol dengan saus nikmat yang terbuat dari gula merah dan parutan kelapa. Peuyeum (tape singkong) bakar adalah bahan dasar penganan satu ini. Selain penuh dengan kandungan kabrohidrat, peuyeum pun mengandung vitamin A yang baik untuk kulit juga antioksidan. Pas rasanya jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

Brownies Kukus

brownies kukus bandung
Brownies kukus sudah menjadi trademark tersendiri bagi Kota Bandung. Umumnya, brownies di panggang, namun yang satu ini di kukus! Cokelat yang menjadi bahan dasar brownies akan memberikan energi lebih untuk membuat Anda terus semangat dalam beribadah.

Es Goyobod

es goyobod
Es Goyobod adalah minuman dingin andalan Bandung. Tak heran, jika banyak masyarakat menjadikannya menu takjil favorit. Es goyobod ini hampir sama dengan es campur Perbedaan yang paling mencolok pada es goyobod adalah dengan ditambahkannya hunkue yang dipotong-potong. Es Goyobod ini sangat cocok untuk menu berbuka puasa karena rasa dari es goyobod yang manis, menyegarkan, kaya akan protein dari susu dan vitamin dari buah-buahan.

Es Cendol

es cendol bandung
Sama seperti temannya di atas, es cendol pun merupakan minuman dingin khas Bandung. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang dicampur suji. Santan yang dicampur dengan gula merah cair ditambahkan agar cendol terasa nikmat dan segar. Terkadang, penjual menambahkan irisan nangka atau apukat, yang makin memperkaya rasa es cendol. Kalau di restoran, penyajiannya bisa lebih atraktif dan variatif lagi.

Itulah menu takjil Ramadhan khas Bandung yang suatu saat boleh Anda coba. Jangan lupa, takjil bukan hanya sekedar menyegarkan berbuka puasa, namun juga harus enak dan menyehatkan.

Nah, apa menu takjil Ramadhan khas daerah Anda?

23 thoughts on “Menu Takjil Ramadhan Khas Bandung

  1. salah satu favorit saya ada dalam list diatas yaitu es goyobod. keluarga saya sudah beberapa kali berbuka dengan es goyobod

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *