Menyusuri Eksotisme Curug Telu Banyumas

Posted on

Banyumas merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan Ibu Kotanya yang berada Purwokerto. Kondisi wilayah merupakan daratan dan pegunungan dengan struktur pegunungan terdiri dari sebagian lembah Sungai Serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pemukiman dan pekarangan, dan sebagian pegunungan untuk perkebunan dan hutan tropis .

Bumi dan kekayaan Kabupaten Banyumas masih tergolong potensial karena terdapat pegunungan Slamet dengan ketinggian puncak dari permukaan air laut sekitar 3.400 M dan masih aktif. Selain itu Banyumas juga memiliki wisata air yang sangat mempesona yakni Curug Telu.

curug telu banyumas

Curug yang berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini termasuk dalam destinasi wisata ngehits di kalangan para pecinta traveling.

Curug ini dinamakan curug telu karena terdapat tiga air terjun yang terlihat di sisi-sisi tebing, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa curug ini mempunyai 7 air terjun, hanya bisa dilihat oleh orang yang mempunyai indera keenam.

Untuk menuju tempat ini, Anda harus menuju ke kawasan Baturraden. Sebelum masuk ke pintu masuk gerbang wisata Baturraden, belok ke kanan dan menuju ke Desa Karangsalam di sana Anda akan disuguhi dengan pemandangan utuh gunung Slamet dengan sawah di sisi kanan dan kiri jalan karena lokasinya wisata Baturaden sendiri terletak di sebelah selatan lereng Gunung Slamet. Karena letaknya di lereng gunung, Baturaden memiliki hawa yang sejuk sehingga di hari libur atau weekend, tempat ini banyak didatangi oleh pengunjung.

Curug Telu ini terkenal dengan keindahan air terjun dengan air yang jernih sehingga pengunjung bisa asyik menikmati kesejukan air di curug ini. Untuk sampai ke tempat ini tentunya Anda harus melewati 100 anak tangga yang sudah ditata rapi oleh pemerintah setempat barulah Anda sampai ke lokasi wisata curug telu dengan hanya membayar tiket 5 ribu rupiah saja (3 ribu tiket masuk, 2 ribu tiket parkir) Anda sudah bisa menikmati โ€œbonusโ€ 2 curug yaitu Curug Lawang atau Sendang Bidadari dan Curug Pelangi (moprok).

Sendang Bidadari ini menarik, karena konturnya yang diapit dinding tebing dan ada tebing berlubang yang tembus ke curug utamanya menjadikan curug ini seperti berada didalam goa. Namun ada juga yang menyebutnya Curug Lawang. Mungkin karena ada bebatuan yang menjadi lawang bagi curug tersebut yang membentuk seperti mulut goa. Dalam bahasa Jawa, lawang artinya pintu, mungkin hal inilah yang membuatnya disebut sebagai Curug Lawang.

Sendang Bidadari ini juga sering dijadikan sebagai tempat petilasan dan ritual meditasi oleh masyarakat setempat. Namun tidak usah khawatir karena Anda bisa menikmati Sendang Bidadari ini dengan nyaman. Karena selain air sungainya yang bening, suasana pegunungan sekitar Sendang Bidadari tentu saja akan membuat pikiran-pikiran negatif Anda hilang dan membuat kepala Anda menjadi fresh. Dalam bahasa Banyumas, sendang berarti grojogan atau tempat mandi.

Sedangkan Curug Pelangi lokasinya agak sedikit jauh dari Curug Telu dan Curug Lawang, walaupun masih dalam satu areal. Di lokasi Curug Pelangi, pengunjung bisa melihat pelangi yang nampak dari sekitar air terjun dengan tinggi 73 meter.

Di lokasi Curug Telu sudah terdapat fasilitas seperti tempat parkir, mushola, toilet, gazebo, flying fox, dan canyoning bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Selain memiliki panorama alam yang cantik, Baturaden juga memiliki banyak legenda rakyat, salah satunya cerita lutung kasarung yang memang sudah sangat dikenal masyarakat.

Apabila Anda hendak berkunjung ke Purwokerto Anda dapat menggunakan jalur darat menuju Jogja kemudian dari Jogja Anda bisa naik Bis Ekonomi dari Terminal Giwangan.

Namun, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Purwokerto menggunakan pesawat terbang, Anda bisa menuju Bandara komersial terdekat dari Kota Purwokerto yakni Bandara Tunggul Wulung yang berada di Kabupaten Cilacap. Setiap harinya ada penerbangan komersial Cilacap – Jakarta (Halim Perdanakusuma) PP dan jika bingung mencari tiket pesawat Anda bisa mengunjungi Reservasi.com sebagai rujukan bagi Anda.

Kemudian dari Cilacap ke Purwokerto atau sebaliknya Anda bisa menggunakan angkutan umum mikrobis atau menggunakan jasa travel/shuttle Purwokerto โ€“ Cilacap, atau Anda juga bisa menyewa mobil pada jasa rental mobil yang ada di Purwokerto atau Cilacap. Jarak tempuh dari Bandara Tunggul Wulung ke Kota Purwokerto sekitar 1 – 1,5 jam.

Jarak dari kota Purwokerto menuju Baturaden sendiri berjarak sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum Anda dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis pengunjung dapat menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hati-hati karena jalan yang menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat.

Gravatar Image

Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

2 thoughts on “Menyusuri Eksotisme Curug Telu Banyumas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *