Metode Pencarian Google Utamakan Website Mobile Friendly

Posted on

Cek Website Mobile Friendly MobileGeddon

Metode Pencarian Google Terbaru – Google rencananya akan menggunakan algoritma baru MobileGeddon untuk mesin pencari mereka, dengan sistem ini pencarian akan sedikit berbeda. Metode pencarian google akan diutamakan untuk website mobile friendly. Tak peduli apakah pengguna sedang melakukan pencarian di komputer atau tablet, website atau blog yang optimal untuk ponsel akan diprioritaskan.

Google kini lebih memandang web atau blog yang mobile friendly (responsive) karena google sudah meyakini 80% pencarian google digunakan dari Ponsel. Maka dari itu google ingin membuat suatu algoritma baru MobileGeddon untuk memilih blog mobile friendly, algoritma baru ini akan diluncurkan pada tanggal 21 April 2015 mendatang dan akan berlaku untuk pencarian di seluruh dunia. Seperti dikutip dari blog resmi Google, Senin (30/3). Meski baru akan berlaku mulai beberapa pekan ke depan, namun google sudah menyebarkan ‘Googlebot’ untuk menelusuri situs-situs yang dianggap cocok dimasukkan daftar teratas pencarian mereka.

Cara Cek Website Mobile Friendly

Dengan akan diberlakukannya google algoritma baru tersebut, maka bagi para webmaster atau blogger tidak ada jalan lain kecuali mengikutinya dengan cara menjadikan web atau blog mereka menjadi mobile friendly. Lalu, bagaimana cara mengetahui website atau blog mobile friendly atau tidak?

Meskipun google tak menyebutkan secara rinci situs seperti apa yang dianggap mereka bersahabat untuk ponsel atau mobile friendly, namun raksasa mesin pencari itu menyediakan satu halaman khusus Pengujian Situs Mobile Friendly yang bisa digunakan untuk menguji apakah website atau blog pengguna memang cocok untuk ponsel.

Selain itu untuk masalah website atau blog pihak google sebelumnya juga telah memberitahukan bahwa layanan Google Code akan ditutup. Ini akan berpengaruh sekali pada html blog yang banyakmenggunakan sumber kode terbuka dari Google Code.

Jadi bagi para webmaster atau blogger, segeralah cek website atau blog Anda apakah sudah mobile friendly atau belum. Untuk mengujinya, silahkan kunjungi laman google Mobile-Friendly Test.

7 thoughts on “Metode Pencarian Google Utamakan Website Mobile Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *