Peluang Bisnis Otomotif di Indonesia

Posted on

Peluang Bisnis Otomotif

Peluang bisnis otomotif senantiasa sejalan dengan perkembangan dunia otomotif itu sendiri. Di Indonesia perkembangan dunia otomotif terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya penjualan kendaraan bermotor dan aksesori pendukungnya. Maka peluang bisnis otomotif pun terbuka lebar dan semakin diminati.

Dalam tiga tahun terakhir pertumbuhan industri otomotif Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Data dari ASEAN Automotive Federation (AAF), angka penjualan sepeda motor di Indonesia tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar sembilan persen atau sebanyak 7.771.014 unit sepeda motor dibandingkan tahun 2012 sebanyak 7.141.586 unit sepeda motor. Sedangkan untuk penjualan mobil di pasar Indonesia hingga akhir 2013 menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai 1.229.903 unit, jumlah ini melebihi yang ditargetkan Gaikindo. Bahkan untuk tahun 2014 ini Gaikindo memproyeksikan penjualan mobil di Indonesia dapat mencapai 1,25 juta unit. Data ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri otomotif dan semakin mendorong Indonesia menjadi basis industri otomotif di Asia Tenggara bahkan dunia.

Selain itu, data tersebut juga semakin membuka peluang bisnis otomotif di Indonesia yang tentunya menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Jenis Peluang Bisnis Otomotif

Jenis Peluang Bisnis Otomotif

Ada beberapa jenis peluang bisnis otomotif di Indonesia yang dapat dijalani sebagai alternatif bisnis rumahan, diantaranya sebagai berikut :

1. Bisnis Jual Beli Kendaraan Bermotor
Salah satu bisnis otomotif yang sudah dikenal adalah membuka jasa jual beli kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor, baru ataupun bekas. Namun jika modal usaha tidak memungkinkan, bisnis ini masih bisa dijalani dengan menjadi seorang broker (makelar) yang menghubungkan calon konsumen dengan produsen maupun distributor kendaraan bermotor.

2. Bisnis Penjualan Sparepart Mobil dan Motor
Bisnis penjualan sparepart ini cukup menguntungkan. Karena tidak terpengaruh trend, resikonya terbilang kecil, harga dan permintaannya cenderung stabil, dan nilai asetnya hanya mengalami sedikit perubahan.

3. Bisnis Perawatan Mobil dan Motor
Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor tentu menginginkan kendaraannya tersebut tetap tampil kinclong. Namun diantara mereka tidak memiliki waktu untuk merawat kendaraannya tersebut. Maka peluang bisnis otomotif dibidang layanan perawatan dan servis kendaraan bermotor terbuka, seperti usaha bengkel motor maupun mobil, membuka bisnis salon mobil, mendirikan bisnis cuci motor dan mobil, dan lain-lain.

4. Bisnis Aksesoris dan Modifikasi Kendaraan Bermotor
Tak kalah dengan peluang bisnis otomotif lainnya, bisnis aksesoris dan modifikasi kendaraan bermotor juga menjanjikan keuntungan cukup besar. Diantara aksesoris dan jasa modifikasi kendaraan bermotor yang senantiasa dicari konsumen adalah alat penghemat BBM, modifikasi jok mobil maupun motor, modifikasi audio mobil, jasa lukis mobil dan motor, jasa pemasangan stiker (skotlet), velg ban dan sebagainya.

5. Bisnis Perlengkapan Bagi Para Pengendara
Tidak hanya sparepart dan tampilan kendaraan saja yang diperhatikan para pengendara, beberapa perlengkapan pendukung seperti misalnya helm, jaket, sarung tangan, tisu helm, jas sepatu (anti air), jas hujan, car pillow, sarung setir, dan juga yang lainnya.

6. Bisnis Jasa Rental Mobil
Peluang bisnis otomotif yang satu ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permintaan untuk mendapatkan kendaraan bermotor terutama mobil namun tidak cukup mampu untuk membelinya atau karena ingin lebih murah dan praktis. Usaha jasa penyewaan mobil atau yang lebih dikenal dengan bisnis rental mobil ini tidak pernah sepi pelanggan, apalagi menjelang hari raya atau hari libur lainnya.

Peluang bisnis otomotif tersebut sudah barang tentu menuntut daya kreativitas dan kejelian para pelakunya dalam mengamati perkembangan pasar, sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang maksimal.

7 thoughts on “Peluang Bisnis Otomotif di Indonesia

  1. Ikuti Executive Forum Automotive Industry yang diselenggarakan oleh PT PT Bisnis Sistem Indonesia, pada tanggal 08 Oktober 2015, pukul 12.00-15.00
    di Mercantile Athletic Club. HSBC Tower 18th . Jl Jend. Sudirman Kav 31.

    Dengan Agenda:

    – Mendiskusikan 5 area permasalahan utama dan mengidentifikasi area permasalahan secara spesifik didalam masing-masing perusahaan dengan bantuan sistem yang terotomatisasi.

    – Membantu tim dalam merencanakan solusi-solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tsb yang bertujuan untuk menciptakan growth, optimization, & profit dalam perusahaan secara lebih mudah.

    RSVP : mira@ptbsi.co.id (FREE OF CHARGE)

    Daftar sekarang juga, tempat terbatas!

  2. ternyata bisnis yang berkaitan dengan dunia otomotif amatlah banyak, siapapun yang bisa kreatif mengambil peluang ini pasti bisa sukses ­čÖé
    terima kasih atas sharingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *