Punya Bisnis Rumah Makan? Jangan Lupakan Hal Ini

Posted on

bisnis rumah makan

Bisnis rumah makan atau restoran saat ini berkembang dengan pesat. Berbagai jenis, tema tempat dan menu yang unik ditawarkan oleh para pengusaha rumah makan dalam menggaet pelanggan. Bisnis yang berkembang dan menghasilkan keuntungan tentu merupakan impian para pengusaha. Namun, ada beberapa pengusaha yang tidak mengetahui jumlah keuntungan yang dihasilkan oleh rumah makannya setiap bulan. Mereka merasa jika sudah dapat menutup biaya operasional rumah makan per bulan dan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, sudah merasa cukup.

Pengusaha yang memiliki pandangan seperti itu sudah seharusnya diubah agar bisnis rumah makan atau restorannya dapat lebih berkembang dan menghasilkan keuntungan yang banyak. Mulailah lakukan pengelolaan keuangan bisnis dengan lebih tepat agar Anda sebagai pengusaha dapat mengetahui omset, laba dan rugi, mengatur uang masuk dan keluar, dan lainnya.

Pembukuan Usaha Rumah Makan

Pembukuan usaha dapat Anda lakukan secara sederhana pada awalnya yang mudah dimengerti dan dapat memuat keseluruhan perhitungan usaha. Proses pembukuan ini dicatat secara manual. Berikut ini beberapa bagian dari pembukuan usaha secara sederhana yaitu :

1. Buku Stok Barang
Buku ini untuk mencatat barang-barang operasional rumah makan atau restoran Anda yang masuk dan keluar. Melalui catatan ini Anda dapat mengetahui secara jelas jumlah barang yang tersedia dan barang yang sudah habis stoknya. Misal pembelian peralatan restoran atau bahan baku menu rumah makan atau restoran Anda.

2. Buku Pemasukan dan Pengeluaran
Buku ini untuk mencatat hasil penjualan dari rumah makan Anda dan mencatat pengeluaran atas biaya operasional rumah makan mulai dari perhari. Perminggu dan perbulan. Jangan lupa simpan bon pembelian atau kuitansi atas biaya yang dikeluarkan.

3. Buku Laba Rugi (L/R)
Buku ini digunakan untuk menghitung keuntungan dan kerugian dari bisnis rumah makan Anda baik secara mingguan maupun bulanan. Kadangkala juga dapat dibuat per tahun sesuai dengan keinginan Anda.

Ketiga buku tersebut berguna ketika usaha rumah makan Anda masih kecil. Namun jika bisnis rumah makan Anda sudah berkembang dan bertambah besar, pembukuan usaha sederhana tersebut tentu sangat menyulitkan dalam menangani transaksi yang banyak dan beranekaragam.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda sebagai pengusaha rumah makan menyiapkan sistem keuangan yang terkomputerisasi dalam menangani transaksi dan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Penggunaan software accounting perlu dilakukan untuk bisnis rumah makan Anda yang berkembang pesat sehingga Anda akan memiliki data keuangan yang akurat dan efisien dalam bekerja. Selain itu, pelayanan Anda terhadap konsumen pun semakin cepat dan baik.

Jadi jangan lupakan hal pencatatan keuangan bisnis rumah makan Anda baik ketika masih kecil maupun ketika sudah besar. Komputerisasi keuangan sangat diperlukan jika ingin bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang pesat.

Penulis oleh Fadli Firmansyah
Twitter : @fadfir

16 thoughts on “Punya Bisnis Rumah Makan? Jangan Lupakan Hal Ini

  1. mudahan dengan pengurusan kewangan yang baik dengan menggunakan software accounting bisa sangat cepat manganalisa untung rugi dan juga membantu membuat tindakan yang pantas bila perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *