Penyebab Kulit Berminyak

Posted on

Kulit berminyak menjadi masalah tersendiri bagi wanita, terlebih wanita adalah sosok yang mengutamakan kecantikan, baik itu kecantikan wajah maupun kecantikan kulit. Pada dasarnya, kulit memproduksi minyak. Minyak yang diproduksi ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari berbagai bahaya yang ada di lingkungan luar, seperti paparan sinar matahari, debu dan polusi kendaraan yang masuk ke dalam kulit melalui pori-pori. Minyak disini selain sebagai penangkal radikal bebas juga berfungsi sebagai pelembab alami agar kulit tidak kering.

Cairan minyak yang dikeluarkan oleh kulit akan menjaga kekenyalan kulit wajah dan menjaga keremajaan kulit wajah. Hampir semua orang memiliki minyak yang keluar dari pori-pori kulit, yang berbeda adalah kadar minyak. Minyak yang dihasilkan oleh kulit dapat memberikan manfaat bagi kulit selama jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulit. Jika kadar minyak yang dikeluarkan oleh kulit wajah berlebihan dari jumlah normal, maka akibatnya justru dapat menimbulkan masalah tersendiri bagi seseorang, seperti munculnya jerawat. Sedangkan kita semua tahu bahwa jerawat yang timbul di wajah sangat menganggu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Selain itu, wajah yang berminyak juga bisa mengurangi penampilan karena dapat membuat wajah seseorang terlihat mengkilap. Oleh karena itu, adanya minyak di wajah ini seharusnya dapat dikontrol secara bijak agar tidak menimbulkan permasalan pada kulit wajah. Beberapa penyebab kulit berminyak yang harus Anda ketahui.

penyebab kulit berminyak

Hal-hal yang menyebabkan kulit berminyak

1. Hormon
Hormon ternyata dapat berpengaruh terhadap wajah, terutama kulit wajah yang berminyak. Hal ini biasanya terjadi pada masa-masa pubertas. Pada masa-masa tersebut, seseorang memang harus banyak beradaptasi dengan hal-hal baru, termasuk kulit berminyak, bahkan tidak jarang pada masa tersebut akan banyak bermunculan jerawat di wajah sebagai bentuk hormone yang tidak stabil. Bahkan bagi wanita yang sedang menstruasi produksi minyak di wajah biasanya akan meningkat. Apalagi wanita yang memiliki banyak kegiatan, terutama kegiatan yang berada di luar ruangan, hal ini bisa memicu munculnya minyak berlebih di wajah yang selanjutnya menyebabkan penyumbatan pori-pori dan menimbulkan jerawat. (Rekomendasi: produk penghilang jerawat).

2. Makanan
Penyebab kulit berminyak lainnya adalah makanan. Sumber makanan ternyata dapat menyebabkan wajah berminyak, terutama makanan-makanan yang mengandung banyak lemak. Tentu saja, makanan berlemak identik dengan kandungan minyak, dan ternyata hal ini juga berpengaruh pada kulit wajah. Terlebih bagi kalangan tertentu, makanan-makanan yang berminyak ini dapat menimbulkan permasalan kulit, seperti munculnya jerawat. Jadi untuk mengatasi kulit berminyak anda harus mengurangi makanan seperti gorengan dan makanan bersantan.

3. Genetik
Gen atau garis keturunan ternyata juga dapat membawa pengaruh pada kulit berminyak. Seseorang yang memiliki darah keturunan kulit berminyak, maka potensi untuk memiliki wajah berminyak tersebut lebih besar dibandingkan dengan seseorang yang tidak memiliki riwayat keturunan secara genetik. Karena sifatnya keturunan, maka penyebab kulit berminyak yang satu ini tidak dapat dicegah dan siapapun tidak dapat menolaknya.

4. Kosmetik
Penyebab selanjutnya adalah kosmetik. Pada dasarnya, kosmetik merupakan sebuah produk yang bisa membantu seseorang dalam hal penampilan, terutama menambah kecantikan. Namun, saat ini tidak semua kosmetik yang beredar di pasaran dapat dipertanggungjawabkan fungsi dan kegunaannya. Tidak sedikit para wanita yang telah menjadi korban dari adanya kosmetik ini. Berniat ingin tampil cantik, justru sebaliknya, mulai dari kulit rusak bahkan hingga cacat atau munculnya penyakit berbahaya, seperti kanker kulit. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan wanita akan produk kosmetik yang akan digunakannnya. Memang sebagian besar pengguna kosmetik adalah kaum hawa, karena kaum wanita inilah yang selalu mendambakan kecantikan dan juga menambah rasa percaya diri seseorang. Namun, ada hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak semua kosmetik itu cocok dengan jenis kulit kita dan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Karena salah memilih kosmetik, kulit wajah Anda menjadi taruhannya. Salah satu ketidakcocokan ini bisa ditandai dengan berubahnya jenis kulit wajah Anda yang menjadi berminyak.

5. Gaya Hidup
Penyebab lain dari kulit berminyak adalah gaya hidup. Gaya hidup ini hampir menjadi faktor terpenting bagi kesehatan seseorang, terutama kulit wajah. Hal ini dikarenakan apa yang kita lakukan terhadap diri kita ataupun wajah kita juga dapat menimbulkan minyak berlebih di wajah, sehingga kulit wajah menjadi berminyak. Gaya hidup yang tidak sehat akan mendorong tubuh kita juga menjadi tidak sehat, seperti malas untuk mencuci muka setelah seharian beraktivitas, terlebih jika aktivitas tersebut dilakukan di luar ruangan, maka potensi untuk terkena kulit berminyak juga semakin besar. Minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah apabila tidak dibersihkan maka akan mengendap dan akhirnya menyumbat pori-pori, yang terkadang muncul peradangan yang dinakaman jerawat.

6. Sel Kulit Mati
Hampir setiap hari kulit wajah kita melepaskan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati ini bentuknya sangat kecil, bahkan hampir menyerupai debu yang tidak terlihat oleh kasat mata. Sel kulit mati yang dilepaskan oleh kulit, kadang jatuh di tempat tidur atau area yang lain. Bahkan tidak jarang juga sel kulit mati ini mengendap dan menyumbat pori-pori kulit wajah yang akhirnya menyebabkan wajah memproduksi minyak berlebih.

Tips make up untuk kulit berminyak: Bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak maka sebaiknya cuci wajah anda terlebih dahulu sebelum melakukan make up. Pastikan anda memilih sabun wajah yang cocok untuk kulit berminyak anda agar tidak membuatnya semakin parah. (Rekomendasi: Sabun Wajah Untuk Kulit Berminyak).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *