Peralatan Surfing yang Harus Dimiliki Para Peselancar

Posted on

Melihat orang yang memiliki keahlian dalam bermain air lepas atau mengendarai ombak pastilah sangat menyenangkan dan membuat Anda ingin juga merasakan kesenangan yang sama. Salah satu hobi yang terlihat sangat menyenangkan adalah surfing atau berselancar dimana Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak lokasi surfing yang terkenal hingga mancanegara. Bagi Anda yang ingin berolah raga air dengan cara mengendarai ombak maka kini Anda bisa mengikuti berbagai kelas yang dibuka untuk umum di pantai-pantai yang mendunia sebagai lokasi surfing. Namun sebelum itu ada beberapa peralatan surfing yang harus Anda ketahui dan miliki untuk bisa melakukan olah raga ini.

peralatan surfing

Surfing atau berselancar merupakan sebuah olah raga yang bisa dikatakan ekstrem atau berbahaya. Karenanya hanya orang yang ahli saja yang bisa melakukannya dengan baik, sedangkan bagi yang belum memiliki keahlian harus di latih terlebih dahulu melalui kursus. Namun bukan hanya keahlian saja yang diperlukan, terdapat beberapa peralatan yang juga harus dimiliki baik digunakan untuk melakukan selancar juga diperuntukkan untuk menjaga keselamatan si peselancar. Apa saja peralatan surfing yang diperlukan itu? Berikut ini adalah daftarnya:

1. Papan selancar
Papan selancar pastinya dibutuhkan para peselancar untuk melakukan surfing. Papan selancarlah yang digunakan untuk berpijak atau menopang tubuh pada saat mengendarai ombak. Banyak jenis papan selancar yang kini beredar di pasaran dibandingkan jaman dahulu. Jika Anda hanya mengira papan selancar berbentuk papan setrika saja maka hal tersebut sudah kuno. Saat ini banyak bentuk papan selancar lain yang disesuaikan dengan jenis ombak, kecepatan ombak, hingga bobot peselancarnya. Selain itu papan selancar juga bisa dipesan khusus di pantai tempat akan melakukan selancar agar sesuai dengan jenis ombak di pantai tersebut.

2. Pakaian selancar
Peralatan selancar yang tak kalah pentingnya adalah pakaian selancar. Bagi pria pakaian selancar biasanya hanya menggunakan celana selancar saja yang memiliki tali pengikat di bagian pinggangnya. Namun tak jarang yang juga menggunakan kaos seperti kaos selam yang sama dengan para peselancar wanita. dalam berselancar diusahakan untuk tidak menggunakan pakaian sehari-hari apalagi yang longgar agar tidak tersangkut papan selancar atau objek lain dalam laut sehingga bisa membahayakan.

3. Leash
Leash atau tali pengaman adalah tali yang diikatkan ke kaki peselancar dan terhubung pada papan selancar. Tali ini berfungsi untuk menjaga jarak antara papan dan tubuh peselancar saat terjatuh dari atas papan. Diharapkan dengan adanya tali ini peselancar dapat langsung menemukan papannya yang terikat dengan kakinya sehingga dapat langsung kembali menaiki papan dan berselancar.

4. Wax
Wax diperlukan sebelum berselancar dan digunakan dengan cara dioleskan ke papan agar papan dan kaki dapat melekat dengan lebih baik. Dengan wax, kaki diharapkan bisa lebih baik berpijak karena papan selancar dibuat tidak terlalu licin.

Itulah beberapa peralatan surfing yang harus diketahui dan dimiliki oleh para peselancar baik amatir maupun profesional. Bagi para peselancar bukan hanya kesenangan yang penting namun juga keselamatan karena olah raga ini bisa memiliki resiko cidera yang besar bahkan hilang dan meninggal. Karenanya keahlian yang baik sangat diperlukan untuk bisa menaklukkan ombak. Bagi Anda yang ingin mengikuti kursus surfing, lakukanlah dengan belajar pada guru atau ahlinya yang telah memiliki sertifikat pengajaran. Kursus surfing banyak dibuka di pantai-pantai yang memiliki ombak yang baik untuk berselancar seperti di Bali dan Nusa tenggara.

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *