Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli AC untuk Ruangan

Posted on

Cara Memilih dan Membeli AC yang Tepat

Cara Memilih dan Membeli AC yang Tepat untuk Ruangan – Pada saat ini, suhu cuaca semakin panas diakibatkan adanya perubahan iklim. Terutama di negara tropis yang memiliki suhu udara semakin meningkat. Hal tersebut berimbas kepada semakin panasnya ruangan. Salah satu untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan suhu ruangan tersebut.

AC memiliki ukuran tertentu yang dilabeli dengan PK. Apa itu PK? PK merupakan singkatan bahasa Belanda, Paard Kracht. Hal tersebut dipakai untuk menyatakan besaran atau kemampuan AC dalam proses mendinginkan suatu ruangan. Oleh karena itu, luasnya ruangan berhubungan dengan penentuan berapa PK AC yang akan dibutuhkan agar pendinginan ruangan tersebut menjadi optimal.

Bagaimana Memilih AC yang Tepat?

Setiap luas ruangan yang berbeda maka berbeda juga berapa PK yang akan dibutuhkan oleh ruangan tersebut. Lalu, bagaimana memilih AC yang tepat sebelum membelinya? Simak 5 hal dibawah ini.

1. Hitung Luas Ruangan
Pertama kali yang harus diperhatikan adalah seberapa luas ruangan yang akan dipasangi AC. Jika sudah mengetahui luas ruangan maka bisa ditentukan berapa PK yang akan digunakan. Berdasarkan info di artikel dalam blog ini, inilah beberapa luas ruangan dan ukuran PK yang tepat. Luas ruangan 10m2 = 0,63 pk, 14m2 = 0,88 pk, 18m2 = 1,13 pk, 24m2 = 1,50 pk, 36m2 = 2,25 pk dan 48m2 = 3 pk.

2. Pilih AC dengan PK yang Tepat
Jika sudah mengetahui luas ruangan yang akan dipasangi AC, maka selanjutnya adalah pilih ukuran PK yang tepat. Biasanya AC yang sering beredar dalam pasaran adalah ukuran mulai dari ½ PK sampai dengan 3 PK.

3. Pilih Tipe AC yang Tepat
AC memiliki berbagai macam tipe diantaranya yaitu AC split, AC cassette, AC standing dan lainnya. Jika untuk ruangan dalam, biasanya memakai AC split dan AC cassette. AC split pun memiliki berbagai macam tipe diantaranya yaitu tipe standar, inverter, low watt, anti virus dan bakteri. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

4. Pilih Brand AC
Brand / merek AC yang ada di pasaran memilliki kelebihan dan kekurangan tiap brand tersebut, oleh karena itu pilihlah memang yang sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan. Cek harga dan garansi dari brand tersebut.

5. Cek Harga AC
Jangan lupa untuk mengecek harga yang disesuaikan dengan spesifikasinya. Apakah dengan harga tersebut apakah sesuai dengan spesifikasinya atau belum. Cek juga harga di beberapa tempat untuk mendapatkan harga AC yang lebih murah namun memiliki kualitas dan pelayanan purna jual yang baik.

Lima tips memilih AC tersebut semoga dapat dijadikan referensi sebelum membeli AC yang tepat untuk ruangan Anda sehingga akan terciptanya ruangan yang sejuk namun tidak menguras kantong.

Penulis : Fadli Firmansyah, penulis konten di blog www.hargaac.co.id , lakban.co.id dan polarinxinindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *