Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan?

Posted on

Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat atau Pilkada Jabar 2013, serentak dilaksanakan pada Minggu 24 Pebruari 2013 mulai jam 7 pagi sampai jam 1 siang di seluruh wilayah Propinsi Jawa Barat. Termasuk di TPS 6 Kampung Cantigi RT 01, 02, 03 RW 06 Desa Cisayong Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya.

Antusias Masyarakat Kurang Terhadap Pilkada Jabar 2013

Pilkada Jabar 2013 dirasa kurang mendapat perhatian positif  dari masyarakat, berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Di TPS 6 contohnya, selain tidak begitu meriah juga selisih Jumlah Hak Pilih Tetap dengan jumlah yang menggunakan hak pilihnya di TPS (Tempat Pemungutan Suara) begitu banyak. Jumlah hak pilih tetap untuk TPS 6 adalah 487 orang sedangkan yang hadir hanya 324 orang, berarti yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 163 orang.

Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan?

Hal tersebut kemungkinan bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Sengaja tidak menggunakan hak pilihnya, karena mungkin tidak sedang berada di tempat sewaktu pemilihan berlangsung, tidak mengenal atau tidak suka dengan para Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, tidak mengetahui secara pasti visi dan misi para Cagub dan Cawagub, tidak puas dengan keadaan kinerja pemerintahan sekarang atau karena alasan yang lainnya.
  2. Kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang kesadaran menggunakan hak pilih kepada warganya.
  3. Merasa jenuh atau muak dengan janji-janji yang disampaikan oleh para pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur.
  4. Dan lain sebagainya.

Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan?

Pilkada Jabar 2013 disebut-sebut sebagai Pertarungan Gengsi Elit Politik, karena selain Jawa Barat sebagai propinsi yang berbatasan langsung sekaligus sebagai penyangga DKI Jakarta juga hampir sebagian petinggi partai politik turut andil dalam kampanye para Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jabar.

Namun di lain pihak ada juga yang berkelakar bahwa Pilkada Jabar kali ini merupakan Pertarungan Bintang Iklan, karena tiga dari lima pasangan Cagub dan Cawagub diisi oleh orang-orang yang notabene merupakan bintang iklan produk kesehatan.

Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan?

Pemenang Pilkada Jabar 2013

Pemenang Pilkada Jabar 2013 baru bisa diketahui setelah ada pengumuman resmi dari KPUD Jawa Barat menyusul Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara pada 3 Maret mendatang. Namun demikian perhitungan cepat Quick Count Pilkada Jabar sudah bisa dilihat dari sekarang melalui tayangan di beberapa stasiun Televisi.

Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan?

Adapun hasil perhitungan perolehan suara di TPS 6 (tempat dawaihati memilih) dari 324 suara hak pilih, adalah sebagai berikut :

  1. Dikdik Mulyana Arief Mansur – Cecep Nana Suryana Toyib = 2 suara
  2. Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin – Tatang Farhanul Hakim = 43 suara
  3. Yusuf Macan Effendi (Dede Yusuf) – Lex Laksamana Zaenal = 103 suara
  4. Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar = 69 suara
  5. Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari – Teten Masduki = 102 suara

Suara TIDAK SAH = 5

Menanggapi hasil perolehan suara ini, sempat seorang teman berkelakar, “Waaah…pasukan bodrex kalahkan pasukan kuku bima dan promag euy…!”

Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan

Mau disebut Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan, yang penting siapapun yang menjadi Pemenang Pilkada Jabar 2013 sekaligus menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Terpilih, semoga bisa melaksanakan apa-apa yang telah dijanjikannya sewaktu kampanye dan dapat mensejahterakan seluruh masyarakat Jawa Barat berlandaskan ridha Alloh SWT.

3 thoughts on “Pertarungan Gengsi Elit Politik atau Pertarungan Bintang Iklan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *