Sebelum Membeli, Survei Rumah dengan Virtual Tour

Posted on

Berkat perkembangan teknologi, sebelum membeli rumah para calon pembeli kini dapat melakukan survei rumah terlebih dahulu tanpa harus datang ke lokasi. Yaitu dengan menggunakan fasilitas virtual tour atau tur dunia maya.

Virtual tour yang diberi nama matterport adalah simulasi sebuah lokasi yang dibuat dalam bentuk video atau susunan foto. Perjalanan maya ini juga dapat didukung elemen-elemen multimedia lain, seperti efek suara, musik, narasi, dan teks. Hal inilah yang membuat tur virtual dapat digunakan sebagai alat tele-tourism.

survei rumah virtual tour

Dengan virtual tour ini memungkinkan para pencari properti untuk bisa melakukan survei rumah dan melihat-lihat lingkungan dan interior rumah secara digital, baik melalui telefon genggam maupun personal computer (PC).

Fitur virtual tour ini dipasang oleh para pengembang dalam iklan properti di situs penjualan properti online. Tentunya dengan teknologi virtual tour dapat mempermudah bisnis jual beli properti mereka.

Disediakannya virtual tour di dalam iklan project properti, berawal dari kian kritisnya masyarakat ketika ingin membeli rumah. Sebelum memutuskan untuk membeli, mereka ingin tahu terlebih dahulu fasilitas dan bentuk rumah yang akan dibelinya.

Berbeda dengan flyer atau selembaran (brosur) properti yang terbatas hanya gambar dan teks saja, namun dengan fasilitas virtual tour para calon pembeli properti seakan-akan sedang berada dalam show unit, mereka bisa melihat ke dalam ruang tamu, tempat tidur, dapur serta ruangan lainya, juga lingkungan di sekitar rumah. Jadi seolah-oleh mereka sedang berada di lokasi itu, tanpa harus mengunjungi lokasi proyek langsung yang tentunya akan memakan waktu, tenaga, dan biaya lagi.

Metode virtual tour ini sudah disediakan oleh situs properti terdepan di Indonesia, Rumah.com dan mulai banyak dilirik oleh para pengembang properti di Indonesia. Pasalnya, metode konvensional sudah tidak lagi memadai untuk memenuhi kebutuhan para pemburu properti.

One thought on “Sebelum Membeli, Survei Rumah dengan Virtual Tour

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *