Selamat Tahun Baru 1434 Hijriah

Posted on

Selamat Tahun Baru 1434 HijriahSelamat Tahun Baru 1434 Hijriah. Detik demi detik terus melaju menjadi menit, dari menit melangkah ke jam dan berkumpul menjadi hari. Hari-hari bersatu membentuk minggu lalu bulan dan akhirnya bermuara di tahun. Itulah waktu yang setiap saat kita lalui yang tak akan bisa terulang kembali.

Tak terasa tahun 1433 Hijriah tak lama lagi akan segera berakhir meninggalkan kita semua. Ini berarti tahun baru 1434 Hijriah akan segera datang menghampiri kita.

Penetapan tahun Hijriah dimulai pada masa khalifah Umar bin Khattab. Beliau mengatakan; “Hijrah telah membedakan antara yang hak dan yang batil, maka mulailah penanggalan Islam dengannya.” Sedangkan untuk awal bulan di tahun hijriah ditetapkanlah bulan Muharram. Ini dikarenakan Muharram adalah bulan suci setelah bulan Dzul-Hijjah yang kaum muslimin telah melaksanakan Haji sebagai penyempurna rukun Islam. Selain itu, di bulan Muharram tersebut kaum Anshar melakukan baiat kepada Nabi SAW.

Setiap datangnya pergantian tahun banyak orang melakukan berbagai ritual yang semestinya tidak perlu. Seharusnya yang perlu dilakukan adalah introspeksi atau muhasabah, karena hakikatnya usia atau jatah hidup kita berkurang satu tahun atau dengan kata lain kita semakin mendekat ke liang kubur.

Selain itu, kita harus berupaya menjadikan setiap tahun lebih baik daripada tahun sebelumnya. Menurut Imam Al-Ghazali bahwa hidup ini ibarat perniagaan ada untung dan ruginya, maka setiap akhir dan awal tahun harus dihitung untung dan ruginya (kebaikan dan keburukan, kelebihan dan kekurangan). Jika ada kekurangan atau kesalahan segera perbaiki. Apabila banyak kebaikannya, pertahankan dan lebih ditingkatkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dia tergolong orang yang beruntung dan barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dia tergolong orang yang merugi dan barangsiapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dia tergolong orang yang celaka” (HR. Hakim).

Selamat Tahun Baru 1434 Hijriah, semoga waktu (hari, minggu, bulan dan tahun) ini lebih baik dari waktu sebelumnya.

4 thoughts on “Selamat Tahun Baru 1434 Hijriah

  1. Mari semua kita melakukan perbaikan dalam pelbagai lini kehidupan sebagai cerminan semangat hijrah dan menyambut tahun baru Islam dengan membuka lembaran baru yang lebih baik di hari-hari mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *