Sepeda dan Panel-panel Penting yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Alat olahraga yang dulu lebih dikenal sebagai alat transportasi ini, memiliki sistem kerja mekanik dengan prinsip dasar menggunakan tenaga dorongan. Alat transportasi yang terdiri dari beberapa bagian penting seperti stang, sedel, rangka bodi dan kayuhan ini memang dikenal oleh masyarakat umum sebagai sebuah sepeda. Untuk menggunakan alat transportasi, yang saat ini lebih dikenal sebagai alat olahraga ini, para penggunanya haruslah memberikan kayuhan pada bagian pengayuh, agar nantinya roda dapat berputar sesuai dengan arah gerakan tangan yang diletakkan pada sisi atas stang dari alat tersebut. Menurut sejarahnya alat olahraga yang satu ini, merupakan hasil peradaban modern yang muncul pertama kali di kota Paris, Perancis.

Secara umum, hampir semua golongan masyarakat di Indonesia, telah mengenal alat olahraga ini sejak usia mereka dini atau berada dalam kategori anak-anak, karena di Indonesia sendiri mengajarkan anak bersepeda sejak dini, merupakan sebuah kebudayaan dan kebiasaan yang telah melekat dalam diri mereka. Oleh karena itu, sangatlah wajar jika saat ini banyak anak-anak yang menggunakan alat transportasi dan olahraga ini untuk mereka gunakan dalam keseharian mereka.

sepeda

Bagi Anda orang tua yang memang ingin mengajarkan anak dalam bersepeda, hal pertama yang mungkin dapat Anda lakukan adalah mengenalkan mereka terlebih dahulu pada berbagai panel ataupun part yang terdapat dalam alat transportasi yang satu ini. Adapun panel-panel penting dalam sepeda yang harus terlebih dahulu Anda kenalkan pada putra-putri Anda, antara lain adalah:

  • Stang atau kemudi, merupakan bagian penting yang harus Anda kenalkan pada anak, dimana bagian ini memiliki fungsi untuk memberikan arah pada kayuhan bersepeda yang akan mereka gunakan.
  • Pengayuh atau yang lebih dikenal dengan pedal, bagian ini terdiri dari dua bagian pada sisi bawah depan bersepeda, yang terletak berdampingan kanan dan kiri, dimana bagian ini memiliki fungsi penting untuk memberikan kayuhan pada roda agar dapat melaju mengikuti arah dari stang yang dikemudikan.
  • Sedel atau tempat duduk, merupakan bagian dari alat transportasi, yang digunakan sebagai penyangga tubuh anak, saat menggunakan alat transportasi tersebut.
  • Roda, merupakan kaki dari bersepeda yang memiliki fungsi penting dalam menjalankan laju alat transportasi yang satu ini.
  • Rantai merupakan alat atau bagian yang menghubungkan antara pengayuh dengan roda, sehingga alat tersebut dapat bergerak dengan sempurna.

Ketika putra putri Anda telah mengenal dengan baik semua bagian dari alat transportasi yang akan mereka gunakan, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengenalkan anak pada perlengkapan keselamatan dalam bersepeda, agar nantinya mereka terbiasa menggunakan peralatan tersebut ketika bersepeda, yang memungkinkan mereka untuk dapat melindungi tubuh mereka, ketika melakukan latihan bersepeda.

Ajarkan putra-putri Anda teknik keseimbangan terlebih dahulu, sebelum nantinya Anda mengenalkan teknik pengayuhan yang tepat pada mereka. Membiasakan anak untuk menjaga keseimbangan terlebih dahulu, nantinya akan dapat membuat mereka lebih cepat dalam mengenal, memahami dan melakukan teknik kayuhan yang akan mereka gunakan tersebut. Dampingilah putra-putri Anda, hingga mereka benar-benar mengerti, memahami dan menguasai dalam penggunaannya.

Sepeda dan perlengkapan keselamatan didalamnya ini, kini dapat dengan mudah Anda miliki, karena telah banyak disajikan oleh berbagai situs belanja online terpercaya di Indonesia, dengan harga yang cukup terjangkau. Sistem pembelian dan pembayaran dari situs belanja online tersebut pun akan memudahkan Anda dalam melakukan pembelanjaan, sehingga akan menghemat waktu yang Anda miliki.

Gravatar Image

Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *