Syukur Nikmat

Posted on

Mengenai Syukur Nikmat ini, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam telah memberikan nasihat, “Tidaklah Alloh memberi nikmat, lalu hamba itu membaca ALHAMDULILLAH, melainkan ia sudah menunaikan syukurnya pada Alloh, jika ia mengulangi membacanya, maka Alloh tambah lagi nikmat dan pahala untuknya, dan jika dbaca lagi tiga kali, maka Alloh ampuni dosa-dosanya”. (HR Imam Hakim & Baihaqi).

syukur nikmat

Maka demikian, setiap kita bersyukur selalu mengundang nikmat lagi. Syukur lagi, nikmat lagi, syukur lagi, nikmat lagi, itulah janji Alloh untuk hamba-Nya yang selalu bersyukur. Sebagaimana firman-Nya, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrohim : 7).

Namun, tentu syukur sesungguhnya bukan hanya mengakui nikmat-nikmat Alloh saja. Akan tetapi harus diikuti dengan menggunakan semua nikmat-Nya untuk sungguh-sungguh TAAT kepada-Nya. Semakin kaya semakin dermawan, semakin tinggi jabatannya semakin amanah, semakin alim semakin takut kepada Alloh, semakin terkenal semakin tawadhu dan teladan, semua nikmat yang diberikan membuat hamba itu semakin dekat dengan Alloh subhaanahu wata’ala.

Semoga kita semua dijadikan hamba-hamba Alloh yang pandai bersyukur dan rendah hati…aamiin.

19 thoughts on “Syukur Nikmat

  1. Kalau kita bisa pandai ber-syukur atas nikmat dan keadaan kita yang apa adanya, Insya Allah setiap harinya pun akan senantiasa bahagia .. 🙂

  2. hanya menambahkan.. sampai2 di Al-Quran ada ayat yang diulang-ulang sampai banyak kali.. Fabiayyi aalaai robbikuma tukadziban.. (maka nikmat Allah yang mana lagi yang engkau dustakan).. Astaghfirullah..

  3. Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tentram dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita. Kita akan selalu merasa kurang dan tak bahagia.

    1. Rumput tetangga memang sering kelihatan lebih hijau dari rumput di pekarangan sendiri………

      Hidup akan lebih bahagia kalau kita dapat menikmati apa yang kita miliki. Karena itu bersyukur merupakan kualitas hati yang tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *