Tanoto Foundation Dorong Peningkatan Jumlah Pengusaha Mikro

Posted on

tanoto foundation

Peran para pengusaha sangat penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Negara dengan banyak pengusaha, dapat meningkatkan daya saing sekaligus memperbaiki taraf ekonomi.

Bukan hanya pengusaha besar, para pengusaha mikro juga berperan penting. Kiprah pengusaha mikro tidak bisa dianggap remeh. Sebaliknya, keberadaan mereka justru sangat krusial bagi sebuah bangsa. Menariknya, asalkan memiliki tekad, siapa saja bisa terjun sebagai entrepreneur mikro.

Semangat inilah yang tengah disebarkan oleh Tanoto Foundation. Sejak tahun 2011, yayasan yang didukung oleh keluarga Sukanto Tanoto ini menggelar program Tanoto Entrepreneurship Series (TES) untuk menyebar spirit kewirausahaan. TES rutin dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi dengan menghadirkan para wirausahawan sukses untuk berbagi ilmu.

Salah satunya, saat mereka menghadirkan Presiden Direktur PT Nyonya Meneer, bersama Presiden Direktur PT Bersama Olah Boga, Susanti Alie, pada Selasa (6/9/16) di Universitas Indonesia. Dalam kegiatan Tanoto Foundation tersebut, kedua entrepreneur sukses ini berbagi kiat menjadi pengusaha andal.

Seperti yang disampaikan Susanti, “Penting bagi wirausahawan membangun jaringan (networking). Networking menjadikan sebuah usaha atau bisnis bisa sukses. Semakin luas networking, semakin baik,” saat ia mengajarkan betapa penting jejaring bagi seorang pengusaha. Untuk itu, Susanti menyarankan kepada para mahasiswa agar memulai networking sejak dini.

Tanoto Foundation berharap besar TES mampu menginspirasi berbagai pihak untuk mau terjun menjadi pengusaha. Pasalnya, jumlah pengusaha di Indonesia sangat minim. Menurut data dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, jumlahnya pada 2016 belum lebih dari 1,5 persen dari total penduduk.

Padahal, sebuah negara minimal memiliki tiga persen pengusaha dari seluruh penduduknya. Sebagai perbandingan, tujuh persen dari seluruh penduduk Singapura adalah pengusaha, di Malaysia ada lima persen, Thailand mencapai 4,5 persen, dan Vietnam 3,3 persen.

“Karena itu, kami menggandeng sejumlah perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Semua pihak bekerjasama melahirkan wirausahawan sukses, yang mampu berkompetisi di pasar lokal maupun global. Hal itu sudah menjadi keharusan,” ucap anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto, seperti dilaporkan oleh Tribunnews.

Pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto, memang ingin orang-orang mau mengikuti jejaknya. Pengusaha sukses Indonesia ini sudah membuktikan diri bahwa siapa saja bisa meraih kesuksesan dari nol. Maka, ia mengarahkan kegiatan Tanoto Foundation agar bisa membagikan spirit kewirausahaan.

Sukanto Tanoto sendiri sempat putus sekolah. Ia pun pernah tidak bisa menempuh pendidikan formal pada masa muda. Namun, ia tidak menyerah. Sedikit demi sedikit, kegigihannya menjadi bukti. Ia berhasil menempatkan berbagai perusahaan Sukanto Tanoto menjadi perusahaan berskala internasional.

Bisnis Sukanto Tanoto yang sudah tersebar di berbagai bidang diharapkan dapat menginspirasi orang lain untuk mau terjun sebagai wirausahawan meski dimulai dalam skala mikro sekali pun.

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *