Teknologi Menjadikan Manusia Kurang Manusiawi, Benarkah?

Posted on

Teknologi menjadikan manusia kurang manusiawi

Teknologi saat ini bisa disebut sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia di dalam menjalankan aktivitas kehidupannya, mulai dari hal terkecil sampai hal terpenting yang terkait dengan pekerjaan. Namun seperti halnya jejaring sosial yang dapat menyebabkan anti sosial, teknologi pun bisa menjadikan manusia kurang manusiawi.

Perusahaan prosesor komputer Intel telah melakukan sebuah survei dengan judul Intel Innovation Barometer yang dilakukan di berbagai negara seperti Brasil, China, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat mulai Juli hingga Agustus 2013. Hasil survei tersebut, menyebutkan bahwa enam dari sepuluh orang yang menggunakan teknologi, yang disebut generasi milenia, mengaku teknologi kian membuatnya kurang manusiawi.

Semua itu disebabkan manusia senantiasa bersinggungan dengan teknologi di segala aktivitasnya. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, bahkan ketika tidur pun teknologi selalu menyertainya, contohnya smartphone selalu berada di sisinya. Hal ini mendorong manusia memiliki ketergantungan terhadap kecanggihan teknologi sehingga tidak atau kurang melakukan kegiatan sosial secara nyata.

Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi berdampak positif bagi kehidupan manusia di bidang pendidikan, transportasi, kesehatan dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus bijaksana dalam menggunakan teknologi bahkan harus bisa menguasai teknologi jangan dikuasai teknologi supaya dapat menerapkan teknologi tepat guna dan mengurangi dampak negatif dari teknologi bagi kehidupan kita sebagai manusia.

11 thoughts on “Teknologi Menjadikan Manusia Kurang Manusiawi, Benarkah?

  1. Memang jaman tidak bisa dilawan karena otak manusia akan terus berkembang untuk menciptakan sesuatu. Memang ada dampak postif dan negatif dari teknologi akan tetapi tergantung manusianya sendiri dalam menggunakan teknologi tersebut untuk hal positif maupun negatif.

  2. Menurut saya, tergantung manusianya bos. Teknologi boleh maju, tapi jangan sampai kita diperbudak teknologi. Hubungan antar manusia tetap perlu secara offline. buat porsi yang seimbang untuk keduanya..

  3. sbenarnya tergantung dari penggunanya itu sendiri jika bisa menggunakannya sesuai fungsinya denga benar serta dapat memilih sesuai kebutuhan mungkin tidak akn terjadi ‘manusa kurang manusiawi’.
    Tapi tentu tidak bisa kita napikan keberadaan teknologi yang kini semakin maju pesat secara tidak disadari melatih kita menjadi kurang manusiawi, buktinya ya itu survei Intel Innovation Barometer. jadi waspadalah.. waspadalah 😀

  4. kembali ke pribadinya masong2 mas bro. kalau kita bisa lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi untuk kebaikan bersama pasti dah zaman kita ini akan disebut sebagai jaman paling gemilang dan terbaik …

  5. Ada benarnya. Mereka terutamanya yg masih muda usianya, lebih suka mengurung diri dalam selang waktu yg ada dgn terlampau menumpu kepada teknologi

    Sedangkan di sisinya, masyarakat sedang hebat mengatur pelbagai acara sosial dan dia langsung tak ambil peduli.

    oh!

  6. Penggunaan teknologi memang tergantung kepada pemakainya, bila bijaksana dan digunakan pada hal-hal yang positif tentunya akan membawa pada hal-hal yang bermanfaat pula.
    Demikian pula dengan sebaliknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *