Tiga Strategi Meningkatkan Omset Usaha

Posted on

strategi meningkatkan omset usahaDalam suatu bisnis yang kita jalani, terkadang sering terjadi kendala yang membuat bisnis menjadi kurang produktif atau target yang ingin kita capai tidak sesuai dengan rencana. Kendala seperti kenaikan harga bahan baku, permintaan yang menurun, pesaing yang terlalu banyak, atau bahkan pemasukkan yang menurun, menjadi kendala yang sering dihadapi para pengusaha. Para pengusaha terkadang sulit untuk keluar dari permasalahan ini, dan memulai untuk meningkatkan kembali omset dan target yang ingin dicapai.

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan para pengusaha untuk meningkatkan kembali omsetnya saat usaha kurang produktif, diantaranya:

1. Menawarkan Produk Dalam Pasar Yang Lebih Potensial

Pengusaha harus bisa memasuki pasar yang lebih potensial dari pasar yang ditempati sebelumnya. Dalam hal ini pasar potensial adalah pasar yang sudah ada, tapi pemain/kompetitor belum banyak. Oleh karenanya, perlu ada inovasi dalam produk yang ingin kita tawarkan ke konsumen. Selain itu, produk yang ditawarkan harus membuat nyaman dan diinginkan konsumen, dalam hal ini konsumen kembali membeli barang atau jasa kita lagi. Dan hal ini akan berlanjut pada sikap konsumen yang akan memberikan rekomendasi pada orang-orang di sekitar kita. Contoh produk yang masuk ke dalam pasar yang lebih potensial adalah Luwak White Koffie. Berbeda dengan kopi yang lain, Luwak White Koffie menawarkan kopi dengan kadar kafein yang rendah. Mereka masuk ke dalam pasar yang lebih potensial. Yaitu, para penikmat kopi yang takut dengan kadar kafein tinggi.

2. Masuk Ke Dalam Komunitas

Masuk ke dalam kominitas bisa menjadi cara untuk menigkatkan kembali omset usaha yang sedang turun. Perusahaan bahkan tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar jika masuk ke dalam komunitas, dalam sebuah komunitas sudah jelas bahwa adanya anggota yang saling terhubung satu sama lain. Hal seperti inilah yang bisa membuat jaringan usaha anda lebih luas dan saling terintegrasi.

3. Menawarkan Produk Melalui Toko Online

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, perusahaan dapat terhubung dengan konsumen dalam jaringan yang lebih luaslagi. Bahkan dengan kemajuan teknologi saat ini, produsen tidak perlu bertatap langsung untuk menawarkan produk kepada konsumen. Salah satu toko online atau marketplace yang bisa anda gunakan adalah blanja.com. blanja.com merupakan online marketplace yang menjadi hasil joint venture antara Telkom Group dan pelaku e-commerce papan atas dunia eBay.
Kerjasama ini memungkinkan para pelaku usaha untuk mendistribusikan produknya kepada konsumen di pasar lokal maupun pasar global.

blanja.com

Bukan hanya perusahaan besar saja yang boleh mendistribusikan produknya, tapi juga para UKM boleh mendistrisibusikan produknya lewat blanja.com. Dengan bantuan Online marketplace anda sebagai pengusaha bisa menawarkan produk dengan cepat dan menekan biaya pengeluaran, karena biaya yang dikeluarkan relatif cukup rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *