Tips dan Saran Membeli Kamera DSLR

Posted on

Kamera DSLR adalah jenis kamera yang paling populer dalam dunia fotografi. Siapa yang tidak kenal dengan kamera yang bisa mengambil gambar dengan warna yang tajam dan sangat jelas ini? Kamera ini telah hadir di Indonesia sejak lama dan masih populer hingga sekarang. Terdapat beragam merk dari jenis DSLR kamera dan harga dari setiap merk pun berbeda-beda. Anda bisa memilih harga kamera yang cocok untuk kantong Anda sekaligus melihat spesifikasi yang dimiliki kamera yang akan Anda beli terlebih dahulu.

Banyak fotografer dan orang yang memiliki hobi mengambil gambar senang untuk menggunakan kamera DSLR. Hal tersebut mereka lakukan dengan berbagai macam alasan. Terdapat alasan karena memang kualitas kamera yang memang sudah mereka ketahui sebelumnya, karena saran yang diberikan dari teman, dan alasan-alasan lainnya yang membuat mereka membeli DSLR Kamera. Artikel kali ini akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang masih pemula dalam membeli kamera jenis ini. Simak beberapa ulasan berikut ya.

tips membeli kamera dslr

Tips Ketika Membeli Kamera DSLR

Untuk Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia fotografi, Anda tentu sudah memiliki berbagai macam tips dalam membeli kamera DSLR. Anda dapat melakukan hal tersebut karena mungkin sudah akrab dan sering berganti kamera. Dengan demikian, Anda sudah hafal tentang bagaimana kriteria atau ketentuan dalam memilih kamera yang baik. Nah, bagi Anda yang masih pemula, inilah beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika membeli kamera, terutama DSLR Kamera.

1. Tentukan tujuan Anda dalam membeli kamera DSLR
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tujuan Anda dalam membeli kamera. Ada berbagai macam tujuan seseorang dalam membeli DSLR Kamera. Misalnya saja, tujuan Anda membeli kamera adalah untuk mengerjakan tugas kuliah atau dokumentasi bagi mahasiswa fotografi. Ada pula tujuan membeli kamera yang lain yaitu untuk keperluan dokumentasi untuk indoor maupun outdoor. Tujuan membeli kamera DSLR akan menentukan jenis kamera apakah yang akan Anda beli. Dengan demikian, tentukan tujuan yang ingin Anda dapatkan ketika memiliki kamera tersebut. Anda pun akan mendapatkan kamera yang pas sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

2. Temukan tempat membeli kamera yang murah
Anda bisa menentukan tempat membeli kamera DSLR yang murah untuk mendapatkan DSLR dengan harga yang ekonomis namun dengan spesifikasi yang terbaik. Untuk mendapatkan tempat yang menjual kamera murah, Anda bisa menanyakan informasi tersebut kepada teman-teman Anda yang sudah berkecimpung lama dalam dunia fotografi. Mintalah arahan atau petunjuk dari mereka untuk menemukan tempat membeli kamera yang murah. Jika teman Anda sempat, Anda bisa mengajaknya untuk memilih kamera DSLR di toko yang sudah ditentukan.

3. Mengecek spesifikasinya
Cek spesifikasi kamera merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membeli DSLR Kamera. Anda yang masih pemula harus benar-benar membaca spesifikasinya hingga sedetail mungkin untuk mengetahui hal apa saja yang terdapat dalam kamera tersebut. Contohnya saja, ketika Anda ingin mendapatkan kamera dengan megapixel yang besar, maka carilah spesifikasi kamera DSLR yang memiliki spesifikasi tersebut.

4. Membaca review tentang kamera yang ingin dibeli
Ketika Anda telah menemukan tempat yang pas dan spesifikasi dari kamera yang ingin dibeli, Anda bisa membaca review untuk jenis kamera yang Anda inginkan. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang kamera DSLR yang Anda inginkan. Hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam memilih kamera ketika telah sampai di toko. Review tentang produk kamera maupun harga kamera bisa mudah didapatkan melalui internet.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli DSLR Kamera. Ketika Anda telah memahami berbagai macam tips tersebut, Anda akan bisa mempertimbangkannya dengan baik. Lalu, inilah cara untuk merawat kamera DSLR agar kamera Anda bisa bertahan lama dan tidak cepat rusak. Anda yang masih pemula tentu masih bingung bukan tentang bagaimana cara merawat DSLR Kamera yang baik. Maka, inilah cara merawat Kamera DSLR yang baik untuk pemula.

1. Jauhkan dari air
Memiliki kamera DSLR berarti Anda harus siap merawatnya dengan baik. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk menjauhkannya dari air. Meskipun terdapat beberapa kamera yang memiliki spesifikasi waterproof atau anti air, namun tetap saja kamera ini sangat sensitif dengan air. Jika air masuk ke dalam kamera, maka hal tersebut bisa merusak beberapa komponen di dalamnya.

2. Menjaga kebersihan kamera DSLR
Anda juga harus bersiap untuk menjaga kamera agar tetap bersih. Mungkin Anda tidak menggunakan kamera setiap hari. Namun, Anda harus tetap membersihkannya menggunakan cairan pembersih. Gunakan cleaning kit atau menggunakan cairan pembersih khusus lainnya. Bersihkan bagian kamera termasuk bagian lensa-lensanya.

3. Gunakan tas khusus kamera
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga kamera DSLR agar tetap awet adalah dengan menjaga keamanan kamera. Anda bisa membawa kamera menggunakan tas khusus kamera ketika ingin bepergian atau pun hunting foto. Terdapat berbagai jenis tas khusus untuk DSLR Kamera yang dijual di pasaran. Di dalam tas tersebut, nantinya Anda bisa menyimpan berbagai perlengkapan seperti lensa, filter, maupun charger serta beberapa peralatan lainnya yang akan menunjang aktivitas berfoto Anda menjadi lebih sempurna. Tas ini akan menjaga kamera Anda lebih aman dibanding menggunakan tas ransel biasa.

4. Gunakan pelindung layar
Layaknya HP, kamera DSLR juga memerlukan pelindung layar untuk melindungi layar kamera agar tidak mudah tergores. Belikan screen guard atau pelindung layar yang sesuai dengan layar pada kamera Anda. Harga dari screen guard sebenarnya murah, namun banyak orang yang menyepelekan kegunaan dari screen guard. Namun sebenarnya, dengan membeli dan memperhatikan tentang penggunaan screen guard, Anda akan mendapatkan layar kamera yang awet mulus.

5. Merawat baterai kamera
Hal ini perlu Anda lakukan agar baterai kamera tetap bertahan lama. Isikan daya kamera jika Anda ingin menyimpan atau tidak menggunakan kamera untuk jangka waktu yang cukup panjang. Anda juga harus mengganti baterai kamera jika usia baterai telah mencapai batasnya yaitu sekitar 500 kali dalam pengisian daya. Hal tersebut dikarenakan daya baterai akan menurun ketika mencapai tingkat pencapaian 500 kali.

Cara merawat DSLR Kamera diatas harus Anda perhatikan dengan sebaik-baiknya jika Anda benar-benar ingin mendapatkan DSLR Kamera yang awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Lebih baik merawat daripada mendapati kamera Anda cepat rusak bukan? Nah, apakah Anda siap membeli DSLR Kamera?

Itulah sekilas mengenai tips dalam membeli kamera DSLR serta cara perawatan yang harus diperhatikan. Pilihlah kamera terbaik sesuai dengan tujuan Anda membeli kamera serta rawatlah dengan sebaik-baiknya. Selamat bergelut di dunia fotografi dengan DSRL Kamera yang terbaik untuk gambar yang paling jernih.

Gravatar Image

Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

4 thoughts on “Tips dan Saran Membeli Kamera DSLR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *