Bosan Nganggur? Ini 3 Tips Jitu Mencari Kerja Bisa Bantu Kamu

Posted on

Tips Mencari Kerja

Tips Cara Mencari Pekerjaan. Dikutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS), pada pertengahan tahun 2013 angka pengangguran Indonesia mencapai 7,39 juta orang dari total angkatan bekerja sejumlah 118,19 juta orang.

Dari data diatas bisa dibayangkan 7,39 juta orang Indonesia yang harusnya sudah mulai bekerja, menikmati hasil keringatnya sendiri dan bahkan membaginya bersama orang tersayang, saat ini masih hidup dari jerih payah keluarga atau kerabat.

Apakah ini akibat sulitnya mencari pekerjaan? Tidak. Halaman lowongan pekerjaan ditiap surat kabar selalu penuh dengan lowongan kerja gratis Jakarta. Bahkan ada surat kabar khusus untuk lowongan kerja. Lantas mengapa masih banyak yang menggangur demikian? Kurang strategi. Kalau kamu termasuk salah satu dari 7 juta angkatan yang belum bekerja tersebut, mungkin 3 tips jitu cari kerja ini bisa membantu.

3 Tips Jitu Mencari Kerja

Jangan asal ngelamar kerja!
Tips Mencari Kerja yang pertama adalah hemat anggaran saat membuat copy surat lamaran dan CV mu. Masukkan surat lamaran hanya pada perusahaan atau bidang kerja yang kamu sukai, atau setidaknya yang kamu nyaman jika harus melakukan pekerjaan tersebut.

Hindari pemborosan uang anggaran untuk fotocopy surat lamaran dan CV untuk perusahaan dan bidang yang kamu tidak suka, yang jikapun ada panggilan, kamu akan ogah-ogahan berangkat interview dan lainnya. Fotocopy surat lamaran dan CV ini adalah pemborosan terbesar yang dilakukan para pencari kerja, segera sadari dan hindari.

Dipanggil interview? Googling dulu!
Sudah bukan kabar burung lagi kalo banyak penipuan yang mentargetkan khusus kepada para pencari kerja. Jadi pada saat menerima kabar anda diterima, dipanggil interview atau tes lainnya, cari perusahaan dan alamat yang memanggil anda tersebut di google.

Beberapa keyword yang sering digunakan untuk mengetahui perusahaan penipu adalah :
– Penipuan (nama perusahaan)
– Penipuan (alamat perusahaan)
– Penipuan (nomor telepon perusahaan)

Jika perlu, minta bantuan rekan sesama pencari kerja atau rekan yang terbiasa dengan dunia internet untuk memastikan keberadaan perusahaan tersebut, sekalian cari tahu di internet sarana transportasi menuju lokasi perusahaan tersebut, biar nggak nyasar.

Bersikap baik di Media Sosial!
Perusahaan sekarang cenderung memastikan calon karyawannya memiliki latar belakang yang jelas, maka perusahaan biasanya mencari nama calon karyawannya terlebih dahulu di internet. Jadi pastikan nama anda memiliki reputasi baik di internet.

Serius, googling nama anda sendiri di internet jika anda tidak pernah dipanggil interview dalam waktu yang cukup lama.

Jika ketiga tips mencari kerja tersebut masih belum bisa membantu anda mendapatkan pekerjaan dan anda terlalu tidak sabaran untuk berusaha lebih, bikin lapangan pekerjaan sendiri. Banyak lapangan pekerjaan yang tidak membutuhkan biaya banyak untuk memulainya jika anda sebegitu tidak sabar mendapat pekerjaan dari luar.

Demikian 3 tips cara jitu dapetin pekerjaan. Semoga membantu. Dan untuk yang memilih membuat lapangan pekerjaan sendiri, semoga sukses.

32 thoughts on “Bosan Nganggur? Ini 3 Tips Jitu Mencari Kerja Bisa Bantu Kamu

  1. Info yang sangat bagus terutama untuk para pencari kerja. Sayang Saya sudah menutup hati untuk mencari kerja, soalnya sudah tua. Mendingan nyari duit dari internet saja.

  2. Hello our family associate! I wish to state that this text will be remarkable, good published are available along with somewhere around valuable infos. I will view excess blogposts such as this .

  3. Its that you understand my head! Material understand a lot close to this kind of, as you wrote the actual e-book in it or something that is. I believe that you just is able to do with many g. do. to stress the content home somewhat, however besides that, this really is excellent weblog. A terrific examine. I am going to easily be back again.

  4. Hi. I discovered a person’s website the effective use of windows live messenger. That is certainly an extremely beautifully created article. We are certain to search for that and are avalable back in learn extra within your valuable info. Information article. I’ll absolutely comeback.

  5. Apɑ yang kami ɗapat dari tulisasn inii sunցguh
    bermɑnfaat untuk kami. Alhamdullilah, swya yɑkin pada tulisaո selanjutnya pasti lebiɦ lengkap lagi.
    Sukses untk Anda!

  6. Asalamualiakum
    dari iklanzoom.com dan tivasi.com
    Pokoknya kalau mencari kerja jangan asal kerja, harus kita pilih dan pilah. Perusahaan itu baik apa tidak, jangan bekerja di perusahaan yang tidak jelas, banyak konflik, suka mengahalalkan segala cara(manipulasi, penipuan, pencemaran, dll). Karena kerja selain dapat pendapatan kita juga menginginkan ketenangan dan ada peningkatan. Bekerja sesuai bakat, minat, dan kemanmpuan kita. Kalau perusahaan sering demo, karyawan tidak puas, tiap hari ada yang keluar, itu menandakan perusahaan kurang bagus. Apalagi kalau merekrut pekerjanya asal-asalan dipastikan tidak profesional perusahaannya. Kita juga harus mempertimbangkan apakah sudah sama antara hak dan kewajiban (risiko dengan apa yang akan kita dapat). Kerja tidak serabutan tapi spesialis. Pokoknya pilih perusahaan yang mempunyai sistem, manajement dan leadership yang bagus.

  7. tips ini pasti banyak yang cari dan bermanfaat bagi mereka2 yang lagi cari kerja
    semoga Indonesia makin lebih baik dan jangan sampai ada pengangguran di negeri nan kaya raya ini …

  8. Bagus juga tips-nya. Sebegitu sulitnya ya sekarang ini cari kerja..
    satu tips lagi, Banyak-banyakin teman dan relasi. suatu saat, itu akan jadi asset yang tak terbayangkan sebelumnya pada saat kita mencari kerja dan mengembangkan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *