Tips Memilih Genset Yang Tepat Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Posted on

jual genset

Penggunaan genset atau generator set saat ini tak terbatas hanya untuk pabrik-pabrik, perkantoran atau pada acara-acara tertentu saja. Genset sudah mulai banyak dipergunakan dalam skala rumah tangga. Tak heran jika saat ini banyak sekali tempat jual genset yang menawarkan beragam jenis genset dengan harga terjangkau dan berkualitas.

Banyak sekali keluarga yang membutuhkan genset terutama pada masyarakat yang tinggal di pedalaman yang wilayahnya masih belum terjangkau PLN. Namun ternyata masih banyak juga yang belum tahu bagaimana memilih genset yang tepat untuk kebutuhan rumah tangga.

Nah, jika saat ini Anda sedang membutuhkan genset untuk keperluan rumah tangga, sebelum memutuskan membelinya di toko jual genset, perhatikan beberapa hal berikut agar Anda tidak salah memilihnya.

1. Merk genset
Meski merk genset bukanlah patokan dalam memilih genset yang tepat, namun merk yang banyak direkomendasikan umumnya mendapatkan testimoni yang baik dari penggunanya. Pilih merk yang banyak diminati berbagai kalangan, carilah informasi sebanyak-banyaknya terutama ketersediaan service center dari merk tersebut.

2. Tipe genset
Tipe genset juga sangat penting diperhatikan karena Anda menggunakannya untuk keperluan rumah tangga. Genset tersedia dalam dua tipe yaitu tipe open dan silent. Tipe open menimbulkan suara yang lebih berisik, sehingga tidak cocok jika dipergunakan di tempat-tempat umum. Untuk kebutuhan rumah tangga, pilihlah tipe silent sehingga suara genset tidak mengganggu lingkungan sekitar.

3. Hitung daya listrik yang dibutuhkan
Sebelum memasang genset untuk kebutuhan rumah, hitunglah daya listrik yang dibutuhkan peralatan elektronik Anda saat listrik mati. Jika hanya beberapa peralatan elektronik seperti televisi, kulkas, lampu dan pompa air saja yang dinyalakan, maka Anda bisa membeli genset dengan kapasitas watt rendah. Namun jika Anda ingin semua peralatan elektronik dinyalakan sebagaimana saat memakai listrik dari PLN, pilihlah genset dengan kapasitas watt yang tinggi.

4. Jenis bahan bakar
Kenali jenis bahan bakar yang digunakan genset sebelum Anda membelinya di toko jual genset. Ada 4 jenis genset berdasarkan bahan bakarnya yaitu berbahan bakar bensin, solar, tenaga matahari dan gas. Dari keempat jenis tersebut, genset berbahan bakar bensin dan solar yang paling banyak dipilih masyarakat.

5. Cara pengoperasian
Genset dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan cara pengoperasian yaitu menggunakan recoil dan menggunakan starter listrik. Jika Anda tidak ingin terlalu rumit, genset dengan starter listrik jelas lebih mudah karena pengoperasiannya hanya dengan menekan tombol starter seperti halnya menyalakan mesin motor.

6. Harga genset
Faktor terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah harga genset itu sendiri. Pilih genset dengan harga terjangkau atau sesuai anggaran yang telah Anda tetapkan namun tetap berkualitas dan memenuhi daya listrik yang dibutuhkan. Banyak sekali pilihan genset, Anda hanya perlu mempertimbangkannya dengan cermat.

Nah, sekarang Anda tak perlu bingung lagi memilih genset di toko jual genset, bukan? Pilih yang sesuai kebutuhan, berkualitas dan pastinya dengan harga terjangkau. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Isi blog Dawaihati membahas beberapa kategori, seperti bisnis, fashion, properti, tips dan trik serta yang lainnya. Selain itu, blog dawaihati.com juga menerima kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk Placement Blogpost, Banner dan Iklan Teks. Minat kerjasama email ke: dawaihatiku@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *