Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Perjalanan Jauh

Posted on

Tips Perawatan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Cara Perawatan Mobil – Saat liburan panjang seperti liburan sekolah, hari raya atau akhir tahun, adalah saat yang tepat untuk mengajak keluarga ke tempat wisata atau mengunjungi sanak saudara di luar kota yang sudah lama tidak bertemu. Jauhnya jarak yang harus ditempuh tidak menjadi halangan untuk melepas rindu dengan keluarga tercinta. Pilihan alat transportasi yang dapat digunakan pun beragam macamnya seperti pesawat terbang, kereta api, bis, mobil, atau bahkan motor.

Menggunakan mobil baik milik sendiri maupun rental untuk perjalanan jauh sering menjadi pilihan karena relatif lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan pesawat atau kereta dan selain itu juga dapat menciptakan rasa kebersamaan di tengah keluarga karena bisa menghabiskan waktu bersama di jalan. Banyaknya orang yang memilih menggunakan mobil saat liburan panjang pun tak pelak membuat jalanan dipenuhi mobil sehingga menyebabkan kemacetan selama berjam-jam atau bahkan lebih dari satu hari.

Oleh karena itu agar tetap merasa aman dan nyaman selama perjalanan, kita harus mengetahui tips dan trik dalam melakukan berbagai macam perawatan mobil yang baik sebelum melakukan perjalanan. Ada beberapa hal dalam perawatan mobil Anda yang harus diperhatikan.

Pengecekan dan Perawatan Mobil Sebelum Perjalanan

Periksa Mesin dan Lampu Mobil

Sebelum berangkat, hal yang pertama dilakukan adalah memeriksa performa mesin mobil.

Pemeriksaan dapat dimulai dari komponen-komponen yang vital pada mesin seperti oli mesin dan transmisi, air radiator, minyak power steering, minyak rem, dan lain-lain. Jika tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai mobil, lebih baik melakukan pemeriksaan di bengkel langganan.

Selain memeriksa mesin, bagian lain yang harus diperiksa adalah lampu mobil contohnya head lamp, fog lamp, lampu belakang, dan lampu sein apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Pemeriksaan pada lampu dimaksudkan agar ketika malam hari pengemudi dapat tetap melihat jalanan dengan jelas.

Selain memeriksa mesin dan lampu mobil, jangan lupa melakukan general check up pada mobil yang biasanya meliputi pemeriksaan mesin, kelistrikan mobil, chassis dan drive train. Semua itu biasanya disesuaikan dengan pencapaian odometer mobil.

Cek Rem dan Kaki-kaki Mobil

Bagian mobil yang tak kalah pentingnya untuk diperiksa adalah kaki-kaki mobil. Mendeteksi kondisinya tidak sulit, jika ketika mobil digunakan tidak terdengar bunyi-bunyian yang berasal dari kaki-kaki mobil, kemungkinan kondisinya masihbaik. Namun, jika digunakan terasa kendur maka komponen pun perlu diperbaiki atau diganti.

Selain itu, jika stir sudah terasa berat, untuk mengatasinya mobil perlu spooring agar mobil lebih mudah dikendalikan saat perjalanan.

Tidak hanya kaki-kaki mobil, rem juga merupakan komponen mobil penting yang bersangkutan dengan keamanan penumpang dan pengemudi. Sebaiknya rem diservis secara rutin atau paling lama enam bulan sekali. Apalagi jika jarang diservis maka wajib hukumnya untuk memeriksa kondisi rem sebelum perjalanan.

Membersihkan Interior Mobil

Agar tetap merasa nyaman di dalam mobil, tentunya perawatan mobil juga harus mencakup kebersihan interior. Jika Anda menggunakan sarung jok, langkah pertama yang dilakukan adalah membukanya dan mengeluarkannya dari mobil. Setelah itu bersihkan karpet menggunakan sabun lalu jemur hingga kering. Sambil menunggu karpet kering, kita dapat menyedot debut dengan menggunakan vacuum cleaner pada bagian lantai mobil. Saat Anda menyedot debu, pastikan untuk menjangkau daerah-daerah tersembunyi seperti sela-sela atau kolong jok untuk mengangangkat kotoran dan debu yang terperangkap di dalamnya.

Membersihkan Exterior Mobil

Perawatan mobil bagian luar mobil tentu sama pentingnya. Hal ini karena penampilan mobil juga merepresentasikan pemiliknya.

Membersihkan bagian luar mobil dapat dimulai dari membersihkan kaca mobil menggunakan kain lap basah agar kaca terhindar dari jamur atau kotoran yang menempel yang dapat menganggu pandangan sang pengendara.

Selain itu, untuk memudahkan membersihkan bodi mobil yang kotor usai pulang kembali kita dapat memoles mobil di bengkel langganan. Untuk hasil yang memuaskan, kita juga dapat mengaplikasikan wax secara instan yaitu dengan membawa wax semprot kemana saja sehingga mobil dapat selalu terlihat kinclong.

Itulah beberapa Tips Merawat Mobil Sebelum Perjalanan Jauh yang perlu diperhatikan agar kita merasa aman dan nyaman selama perjalanan. Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Perjalanan Jauh

  1. Tambah juga, sebelum digunakan untuk bepergian, kita isi penuh mobil tersebut
    Terima kasih tips2nya, bermanfaat untuk kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *